Inilah Ukuran Lapangan Badminton Menurut PBSI

Ukuran Lapangan Badminton
Ukuran Lapangan Badminton

Ukuran lapangan badminton sangat penting untuk diketahui jika ingin membuat lapangan badminton. Tujuannya adalah agar ketika dibuat, lapangannya sudah sesuai dengan peraturan bulutangkis. Badminton merupakan salah satu permainan olahraga yang populer sejak dulu hingga kini.

Mengenal Permainan Badminton

Badminton merupakan salah satu permainan yang cukup populer di seluruh dunia. Olahraga ini mampu menarik minat banyak orang dari berbagai umur, jenis kelamin, hingga keterampilan. Badminton merupakan olahraga yang termasuk kedalam permainan.

Bacaan Lainnya

Dalam memainkan badminton, harus mempunyai gerakan refleks yang tinggi dan tubuh yang bugar. Dengan bermain badminton bisa memberikan dampak yang baik sebagai olahraga untuk kesehatan, bersosialisasi, hiburan, dan melatih mental.

Olahraga badminton bisa dimainkan untuk menjadi olahraga, ajang rekreasi, dan menjadi ajang untuk persaingan. Badminton bisa dimainkan pada lapangan dengan ukuran lapangan badminton tertentu. Anda bisa memainkan bulutangkis baik itu pada lapangan yang bersifat outdoor ataupun indoor.

Berapa Jumlah Pemain Badminton?

Badminton merupakan olahraga yang dimainkan dengan menggunakan raket. Permainan olahraga ini dimainkan oleh dua orang untuk tunggal dan dua pasangan untuk ganda dan kemudian berlawanan. Permainan badminton sangat diminati untuk dimainkan di berbagai penjuru dunia.

Permainan badminton sangat seru sekali untuk dimainkan sehingga tak heran jika olahraga ini banyak diminati. Untuk permainan tunggal terdiri dari tunggal putra dan tunggal putri. Kemudian, untuk ganda terdiri dari ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Tiap pemain ataupun pasangan akan menempati posisinya masing-masing. Nantinya, para pemain akan memukul kok menggunakan raket untuk melompati net dan menjatuhkannya pada bidang lawan.

Bagaimana Sistem Permainan Badminton?

Permainan olahraga badminton dimainkan dengan menggunakan raket dan bola yang disebut dengan kok. Kemudian, permainan dilakukan dengan memukul kok agar bisa melewati net. Para pemain harus mencegah agar kok tidak jatuh pada bidang permainan.

Jika kok jatuh pada salah satu bidang permainan, maka akan dihitung sebagai point. Point ini nantinya akan dikalkulasikan untuk mengetahui siapa yang bisa dikatakan sebagai pemenang. Semakin banyak point yang didapatkan maka pemain bisa memenangkan permainan badminton.

Berapa Ukuran Lapangan Badminton?

Lapangan badminton dibagi menjadi dua dan sama besar. Kemudian, lapangan ini dipisahkan oleh jaring yag disebut sebagai net. Net ini digantung pada bagian tengah lapangan mulai dari ujung ke ujung. Selain itu, pada lapangan badminton juga diberi garis-garis dengan ukuran tertentu.

Ukuran lapangan badminton menurut PBSI mempunyai panjang 13,40 meter, lebar 6,10 meter, ukuran tinggi net badminton 1,55 meter, dan tinggi net 1,52 meter. Kemudian, adapun jarak servis kedepan net adalah 1,98 meter. Jarak garis servis tengah ke garis samping 3,05 meter dan garis servis belakang ke garis belakang 0,76 meter untuk ganda.

Kemudian, untuk jarang garis samping ke pinggir lapangan yaitu 0,46 meter untuk permainan tunggal. Sedangkan, ukuran lapangan badminton menurut BWF adalah mempunyai panjang 13,4 meter untuk tunggal dan ganda. Lalu, lebarnya 5,18 meter untuk tunggal dan 6,1 meter untuk ganda.

Teknik Pukulan Dalam Badminton

Ada berbagai teknik pukulan yang bisa diaplikasikan dalam permainan badminton. Pukulan-pukulan ini mempunyai ciri khas tersendiri. Jika Anda bisa menguasai seluruh pukulan berarti sudah dikatakan terlatih dalam bermain badminton. Anda bisa merasakannya dengan rutin berlatih.

Berikut ini adalah teknik pukulan dalam permainan olahraga badminton :

  1. Pukulan Servis

Pukulan servis merupakan pukulan yang dilakukan dengan menggunakan raket untuk menerbangkan kok ke bidang lawan secara diagonal. Tujuannya adalah sebagai permulaan untuk mengawali permainan.

Pukulan servis ini dilakukan dengan dimulai dari sisi lapangan dan menyilang menyeberangi net lawan. Permainan ganda dan tunggal mempunyai area servis yang berbeda. Bila kok terjatuh maka bisa dinyatakan sebagai keluar dan akan mendapatkan point.

Pukulan servis terdiri dari dua jenis, yaitu pukulan servis panjang dan pendek. Keduanya berbeda dan bisa memberikan hasil yang berbeda. Untuk melakukan pukulan servis ini Anda harus mengayunkan tangan dan kemudian melempar kok dengan menyilang.

  1. Pukulan Lob

Pukulan lob merupakan pukulan yang terdapat didalam permainan badminton. Tujuannya adalah menerbangkan kok setinggi mungkin untuk bisa mengarah jauh ke belakang garis bidang lawan. Pukulan lob terbagi menjadi dua jenis, yaitu overhead lob dan underhand lob.

  1. Pukulan Clear

Pukulan clear mempunyai tujuan untuk membuat bola menjauh dari lawan. Sehingga, lawan akan bergerak lebih cepat dan kemudian membuatnya menjadi lelah. Pukulan clear pada badminton bisa dilakukan dengan pegangan forehand, backhand, dan posisi overhead, serta underhand.

Bagaimana, sangat mudah bukan dalam memahami permainan olahraga badminton? Sudah dijelaskan mengenai apa itu permainan badminton, sistem, banyaknya pemain, ukuran lapangan badminton. Tak hanya itu saja, terdapat juga berbagai jenis pukulan dalam bermain badminton.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *