5 Tujuan Lompat Tinggi, Apa saja ?

Tujuan Lompat Tinggi
Tujuan Lompat Tinggi

Tujuan lompat tinggi itu ada berbagai macam. Mengingat diera modern seperti ini, atlet akan berlari ke bar serta memakai metode lompat fosbury flop, lompat kepala dahulu dan punggung mereka ke bar.

Atlet lompat tinggi sendiri sudah memperkenalkan teknik yang makin efektif sejak zaman kuno sampai masa sekarang ini. Lompatan tinggi sendiri adalah di antara acara-acara yang pertama dianggap bisa diterima oleh wanita yang sudah diadakan pada olimpiade 1928.

Bacaan Lainnya

Lompat tinggi bisa dibilang salah satu bentuk olahraga yang mengharuskan seorang atlet melakukan lompatan sampai mencapai ketinggian tertentu. Tempat olahraga yang anda gunakan untuk lompatan tinggi misalnya landasan pacu berbentuk setengah lingkaran yang bisa memungkinkan pendekatan lari paling sedikit adalah 25 meter satu 49, 21 kaki dari sudut manapun.

Mengetahui Tentang Tujuan Lompat Tinggi

Pengertian dari Lompat tinggi

Lompat tinggi bisa dibilang sebagai cabang olahraga atletik dimasa sang atlet diharuskan untuk melompat setinggi-tingginya agar bisa melewati mistar tanpa memakai alat bantu apapun, dan bisa dilakukan memakai berbagai jenis gaya yang telah diperbolehkan, misal gaya guling sisi gaya gunting, gaya flop, dan lainnya.

Tapi bisa juga dengan memakai gaya batu yang gentu tidak bad tendangan dengan peraturan internasional.

Apa Tujuan dari Lompat Tinggi?

Tujuan Lompat Tinggi yang ingin dicapai bagi anda seorang atlet diantaranya,

  1. Tujuan lompat tinggi pertama, dapat menghasilkan lompat setinggi-tingginya.
  2. Dapat melewati garis horizontal tanpa membuatnya jatuh.
  3. Melatih keterampilan sang atlet untuk melompat dalam mengemvangkan dirinya.
  4. Memenangkan pertandingan dikarenakan mempunyai lompatan tertinggi.
  5. Menghasilkan lompatan setinggi-tingginya

Macam-Macam Gaya Untuk Memperoleh Tujuan Lompat Tinggi

Setelah tahu tujuan lompat tinggi, kalian harus tahu yang satu ini. Menurut dari departemen pendidikan serta kebudayaan direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah, ada beberapa gaya di lompat jauh, yaitu,

Gaya Jongkok atau Mengambang

Gaya ini bisa dibilang gaya lompat yang tertua, dan gaya jongkok ini sangat mudah dilakukan karena kan anda hanya harus memposisikan kedua kaki menekuk, mirip dengan posisi jongkok saat melayang diudara.

Gaya Berjalan pada Udara

Jika gaya jongkok sebelumnya disebut gaya lompat jauh yang tertua. Gaya berjalan diudara atau bahasa inggrisnya walking in the air ini disebut-sebut sebagai gaya yang populer di antara pelompat jauh yang profesional.

Hal ini dikarenakan gaya satu ini sangatlah efektif agar bisa menghasilkan lompatan terjauh di bandung gaya yang lain.

Teknik lompat jauh berjalan diudara ini, dimulai saat kaki tumpu nya melakukan tolakan maupun loncatan. Dan saat tubuh melayang di udara, lakukanlah gerakan seperti sedang melangkahkan kaki atau ketika kalian sedang berjalan.

Gaya Menggantung

Gaya lompat jauh menggantung ini adalah, suatu teknik dimana saat tubuh anda melayang, posisi dada akan dibusungkan ke depan. Kedua tangannya nanti diangkat keatas dan kedua kakinya ditekuk ke belakang. Hal ini pun dilakukan untuk membuat tubuh anda selama mungkin ada di udara.

Teknik Untuk Mencapai Tujuan Lompat Tinggi

Setelah tahu macam gaya serta tujuan lompat tinggi diatas, anda harus tahu serta menguasai beberapa jenis teknik pada lompat tinggi,

Teknik awalan

Teknik ini adalah tahapan pertama yang harus dilakukan sebagai atlet lompat tinggi. Yang dilakukan adalah dengan mengambil ancang-ancang lalu berlari supaya bisa membuat gaya dorong ke atas dan untuk jarak yang lebih jauh lagi tentunya tergantung oleh keinginan serta atlet lompat jauh tersebut.

Teknik Tolakan

Teknik tolakan ini adalah sahabat yang bisa dibilang sangat penting untuk anda perhatikan dikarenakan bisa berfungsi menjadi pijakan terakhir yang dilakukan oleh atlet tersebut.

Oleh sebabnya, harus dilakukan dengan sangat kuat supaya kita bisa memiliki daya dorong yang lebih kuat.

Teknik Melayang

Atlet lompat tinggi tentu harus dapat melayang setinggi mungkin. Nerusaha suoaya tidak mengenai mistar oengurkur supaya limpatan yang dilajukan bisa resmi dinyatakan telah berhasil.

Ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan saat melayang, yaitu teknik guling, guntuk, guling ke samping, serta teknik flop

Teknik mendarat

Tahapan satu ini bisa dibilang aman dikarenakan ada bantalan yang bisa melindungi sang atlet saat melakukan pendaratan. Walaupun begitu, atlet tetap harus memperhatikan pendaratan yang cukup benar serta baik, karena hal itu bisa mengurangi suatu resiko cedera.

Sistem serta Peraturan Lompat Tinggi, Apa saja ?

Tentu tiap olahraga terdapat sistemnya masing-masing. Dan sebagai pelompat atau jumper dari olahraga lompat tinggi, lompatannya dikatakan tidak sah atau gagal jika,

  1. Menyentuh tanah pada belakang garis loncatan dengan memakai bagian tubuh apapun itu, baik saat melakukan tolakan atau pun berlari tanpa membuat tolakan. Jadi, anda sebagai seorang jember diharuskan melakukan tolakan pada sebelum ujung garis loncatan atau pada sebelum garis tersebut.
  2. Saat melakukan pendaratan, lompat menyentuh bagian lain pada luar area pendaratan.
  3. Mendarat dengan memakai gerakan salto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *