Permainan Softball: Pengertian Dan Peraturan Jumlah Pemain

Permainan Softball
Permainan Softball

Permainan softball termasuk salah satu olahraga yang mulai diminati di Indonesia. Ini merupakan variasi olahraga bisbol. Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan softball khusus yang ukurannya lebih kecil dibandingkan lapangan baseball. Softball sudah umum dijumpai di Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Dalam permainan ini pemain harus memukul bola menggunakan tongkat sebelum mencoba berlari ke 4 titik.

Ini Dia Hal yang Perlu Diketahui Tentang Permainan Softball

Pengertian Softball

Softball merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh 2 tim. Permainan yang lahir di Amerika Serikat ini adalah pengembangan dari bisbol atau hardball. Bola softball dilempar oleh pitcher atau pelempar bola dan menjadi sasaran lawan yang memukul dengan bat atau tongkat pemukul.

Bacaan Lainnya

Ada regu defense yang berjaga dan tim offense yang memukul bola. Setiap tim berusaha mengumpulkan angka dengan memutari 3 seri base pelari sampai menyentuh marka akhir yakni home plate. Softball termasuk olahraga yang disukai oleh pelajar dan mahasiswa.

Jumlah Pemain Softball

Softball dimainkan oleh 2 regu di mana setiap regu terdiri dari 9 pemain dan salah satunya ditunjuk sebagai kapten. Kapten inilah yang bertugas berhubungan dengan wasit.

Aturan Permainan Softball

  1. Regu yang mendapat giliran memukul, para pemainnya masing-masing mendapatkan kesempatan 3 kali memukul. Jika pemain berhasil memukul di pukulan pertama dan kedua, maka ia harus lari.
  2. Urutan pemain yang memukul ditentukan berdasarkan nomor urut yang sudah ditentukan sebelum permaina softball dimulai
  3. Pemukul pertama tidak boleh dilalui pemukul kedua, pemukul yang kedua tidak boleh dilalui pemukul ketiga, demikian seterusnya
  4. Setiap titik atau base hanya diisi oleh 1 pemain
  5. Saat bola dalam permainan, pemain dapat melakukan gerakan, kecuali jika pitcher sudah siap melempar bola pada pemukul.
  6. Pelari yang akan ditik tidak boleh menghindar dengan berlari ke dalam atau ke luar melebihi batas yang ditentukan
  7. Lama permainan ditentukan berdasarkan inning. Inning untuk permainan ini adalah 7 inning Jika inning terlalu lama, maka dapat ditentukan dengan waktu.

Strike Dalam Permainan Softball

Dalam softball, strike akan terhitung jika:

  • Bola dipukul oleh pemain baik kena maupun tidak
  • Lemparan baik meskipun bola tidak dipukul
  • Bola dipukul meleset keluar,Pukulan yang terus meleset akan diulang sampai baik. Jika pukulan meleset melambung dan berhasil ditangkap oleh penjaga, maka pemukul langsung mati
  • Lari bebas

Lari Bebas

Dalam softball, lari bebas terjadi jika

  1. Pitcher salah melempar bola hingga 4 kali.
  2. Semua base sudah terisi dan pemukul tidak memukul 4 kali karena pitcher yang salah melempar bola.
  3. Pemukul dihalang-halangi regu lawan ketika akan menuju ke base

Mencetak Skor

Untuk mencetak skor atau poin, pemukul harus bisa memukul bola terlebih dulu dan mengitari pengkalan tanpa henti. Satu kali putaran akan mendapat skor untuk tiap pemukul yang dapat melakukannya sampai tuntas.

Poin juga dapat diberikan untuk pelari yang kembali ke timnya atau home plate walaupun bukan pemukul yang berhasil melakukan putaran penuh. Pemenang dalam pertandingan ditentukan setelah menyelesaikan 7 inning.

Regu yang memiliki pelari terbanyak setelah inning akan menjadi pemenang. Namun jika sudah 7 inning permainan selesai dan belum ada pemenang, akan diberikan tambahan waktu sampai ada pemenangnya.

Cara Bertukar Tempat

Dalam softball, mematikan lawan dapat dilakukan dengan cara ditik yaitu melempar bola yang dipukul ke pelari sebelum pelari tersebut mengenai base berikutnya. Jika lawan berhasil ditik sampai tiga kali, maka harus bertukar posisi.

Jenis Permainan Softball

Softball terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

Fast Pitch Softball

Ini adalah permainan softball yang ditentukan oleh pitcher. Dalam permainan ini, pitcher melemparkan bola dengan kecepatan maksimum. Perbedaannya terletak pada cara pitcher melempar dan melepaskan bola. Pelepasan bola berada di bawah atau sama dengan posisi glove.

Modified Pitch Softball

Permainan ini juga dikenal dengan sebutan modball. Tujuan utama dari permainan ini adalah melunakkan peraturan yang sering digunakan untuk kategori fast pitch. Jadi bagi yang belum terbiasa dengan softball tidak akan terlalu bingung dengan aturan-aturan yang ketat dalam permainan ini seperti jarak antar base, strike zone, lama permainan, dan lain sebagainya. Dalam modball, kecepatan lemparan pitcher ada di antara slow pitch dan fast pitch. Kecepatan bola softball dibatasi putaran lengan melebihi bahu.

Slow Pitch Soft

Jenis softball ini memberikan kemudahan batter saat memukul bola.Dalam permainan ini, batter akan diberi bola oleh pitcher secara terus menerus sampai berhasil memukul bola. Lemparan bola dari pitcher melambung dan pelan. Permainan ini kadang dimainkan di komunitas social layaknya sebuah kompetisi dan tidak dibatasi gender maupun umur.

Demikian sedikit informasi mengenai permainan softball. Bagaimana, tertarik untuk mencoba permainan ini?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *