Lapangan Softball: Ukuran Lapangan Dan Bentuk Standar Internasional

Lapangan Softball
Lapangan Softball

Lapangan softball menjadi salah satu unsur penting bagi siapa saja yang ingin memainkan permainan bola kecil ini. Softball dimainkan oleh 2 regu yang harus mengalahkan satu sama lain. Setiap tim terdiri dari 9 orang.

Softball diciptakan pada tahun 1887 di Amerika. Awal mula kehadiran softball adalah sebagai pengembangan permainan hardball dan baseball. Setiap tim yang bermain ada yang berperan sebagai penjaga dan tim lainnya bertugas memukul. Tim pemukul harus berlari memutari lapangan sampai ke home plate untuk mengumpulkan angka.

Bacaan Lainnya

Permainan softball mungkin belum terlalu dikenal di Indonesia jika dibandingkan dengan permainan sepak bola atau bola voli. Tetapi permainan ini memiliki banyak penggemar di Amerika Serikat. Bagi yang ingin mencoba permainan ini, Anda tentu harus mengetahui ukuran lapangan softball dan jenis perlengkapan yang digunakan.

Ketentuan Umum dan Standar Ukuran Lapangan Softball

Ukuran Lapangan Standar Internasional

  • Lapangan softball memiliki panjang  16,76 m – 18,29 m.
  • Jarak home base ke posisi pelempar adalah 13,07 m
  • Titik tempat berdiri pelempar berukuran 60 cm x 15 cm
  • Base atau tempat berhenti berjumlah 3 yaitu base 1, base 2, dan base 3
  • Home base berukuran 38 x 38 cm berupa bantalan dengan ketebalan 5 cm – 12,5 cm
  • Home plate berukuran 43, x 22 cm dan segi puncaknya adalah 30 cm
  • Jarak lintasan antar marka adalah 60 ft (18,29 m) untuk fast pitch dan lintasan slow pitch jaraknya 60-65 ft (19,81 m)

Jarak Melempar Fast Pitch

  • Dewasa putri 43 ft (13,11 m)
  • Dewasa putra 46 ft (14,2 m)
  • Usia di bawah 15 tahun putri 35-40 ft (12,19 m)
  • Usia di bawah 15 tahun putra 46 ft (14,02 m)

Jarak Melempar Slow Pitch

  • Dewasa putri 50 ft (15,24 m)
  • Putri universitas 50 ft (15,24 m)
  • Putra 50 ft
  • Putri di bawah 18 tahun 50 ft (15,24 m)
  • Putra di bawah 18 tahun 46 ft (14,02 m)
  • Putri di bawah 15 tahun 50 ft(15,24 m)
  • Putra di bawah 15 tahun 46 ft (14,02 m)

Bentuk Lapangan Softball

Ukuran lapangan softball berbentuk bujur sangkar atau persegi. Ukuran yang diuraikan di atas adalah ukuran standar internasional dan nasional. Posisi permainan softball

Base Lapangan Softball

Permainan softball memiliki 3 titik untuk tempat base mulai dari base 1, 2, dan 3. Base 4 adalah tempat untuk memukul sehingga langsung dilalui oleh pemain. Biasanya base berupa bantalan karpet berukuran 38 x 38 cm dan memiliki ketebalan 12,5 cm. Home base memiliki ukuran 42,5-43 x 21,5 cm dan setiap sisi puncak berukuran 30 cm.

Garis Batas Lapangan Softball

Garis batas atau sector merupakan garis yang berguna untuk memutuskan apakah bola masuk ke dalam atau luar arena batas permainan.

Setelah mengetahui ukuran lapangan softball dan komponen-komponennya,berikut ini adalah beberapa teknik dasar softball yang perlu diketahui. Teknik tersebut antara lain adalah bagaimana cara memegang dan melempar bola oleh

Cara Memegang Bola

Melempar bola dipengaruhi oleh cara memegang bola oleh pitcher. Ada beberapa jenis teknik memegang bola softball yaitu pegangan empat jari, pegangan dua jari, dan pegangan tiga jari, Cara memegang bola dengan 4 jari adalah menempelkan kelima jari di sekeliling bola sehingga menjadi satu genggaman. Lemparan bola dengan teknik genggaman dapat menghasilkan bola putar samping dengan arah ke samping luar.

Cara memegang bola softball dengan 2 jari dilakukan dengan menempatkan jari tengah dan jari telunjuk di bagian atas bola yang disangga jari lainnya. Pegangan tersebut menghasilkan putaran bola back spin atau kearah belakang sehingga bola melintas mendatar sebagai hasil putaran bola ke belakang.

Cara memegang bola dengan 3 jari dilakukan dengan menempatkan 3 jari yakni jari tengah, jari telunjuk, dan jari manis pada bola disangga oleh ibu jari dan jari kelingking di bawah bola. Cara pegangan ini menghasilkan lintasan mendatar dengan bola berputar ke arah belakang sebagai imbas lecutan dari ketiga jari.

Teknik memegang menjadi kemampuan dasar untuk mendapatkan hasil lemparan yang baik. Kekuatan, kecepatan, dan ketetapan arah bola menjadi hal yang penting diperhatikan ketika pitcher melakukan lemparan.

Cara Melempar Bola

Teknik melempar bola juga menjadi hal yang penting. Ada beberapa unsur utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan melempar bola softball yakni power, kecepatan lemparan, arah, dan ketepatan sasaran. Teknik melempar bola softball terdiri dari 4 jenis yakni overhand throw (lemparan atas), under hand toss (lemparan bawah), side hand throw (lemparan samping), dan lemparan dengan lecutan.

Demikian informasi mengenai lapangan softball dan teknik dasar dalam permainan ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *