Peraturan Bola Voli: Jumlah Pemain, Waktu Permainan Lengkap

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Ketika Anda akan bermain bola voli, maka hal pertama yang harus diketahui adalah peraturan bola voli itu sendiri. Adapun teknik permainan dan aturan main dari olahraga bola voli baik nasional maupun internasional sama, karena semuanya merujuk pada aturan Federasi Bola Voli Internasional.

Aturan Umum Bola Voli

Ini adalah peraturan bola voli umum yang harus semua orang tahu. Bisa dibilang ini adalah dasar aturan bola voli yang harus Anda ketahui, yaitu :

Bacaan Lainnya
  1. Ketika permainan baru saja dimulai, maka pemain dengan nomor punggung 1, yang harus melakukan servis. Pada saat itu juga menandakan bahwa permainan tersebut akan dimulai. Servis sendiri akan dilakukan dari luar garis lapangan, pastinya dengan target melewati tinggi net bola voli dari pihak lawan.
  2. Ketika bermain bersama, maka tim yang sedang memainkan bola, hanya memperoleh 3 kali sentuhan bola, sebelum akhirnya harus dioper ke pihak lawan.
  3. Setiap pemain, hanya mempunyai 1 kali untuk menyentuh bola. Terkecuali, pemain yang sudah melakukan block sebelumnya.
  4. Walaupun bola melayang keluar lapangan. Asal belum menyentuh tanah. Maka bola masih dapat dikejar dan dikembalikan.

Peraturan Pemain Dalam 1 Tim

Adapun peraturan berdasarkan sejarah Penemu Bola Voli yang harus diperhatikan adalah, para pemain yang akan bermain dalam olahraga tersebut, seperti :

Jumlah Pemain

Berbeda dengan Voli Pantai, adapun jumlah 1 tim dalam permainan bola voli sendiri adalah sekitar 12 orang. Pemain inti yang akan bermain adalah sekitar 6 orang. Sedangkan pemain cadangannya sekitar 6 orang.  Tentu saja ke-12 orang tersebut akan bermain secara bergantian. Serta setiap orang, mempunyai tugas yang berbeda-beda, sesuai dengan posisinya.

Kelengkapan Pemain

Setiap pemain yang akan bermain voli, harus melengkapi dirinya, sebelum bertanding. Adapun alat-alat yang sebaiknya digunakan antara lain sepatu, deker lutut, deker siku, dan yang lainnya. Alat-alat tersebut digunakan untuk mencegah resiko cidera pada tubuh.

Rotasi / Perputaran Pemain

Anda tentu pernah mendengar Tujuan Permainan Bola Voli dan istilah pergeseran pemain dalam permainan bola voli. Hal tersebut memang benar adanya. Hal tersebut dilakukan agar setiap pemain, dapat memerankan perannya pada masing-masing posisi.

Selain itu, dalam melakukan perputaran pemain, harus searah dengan jarum jam, jika tidak, maka akan ada sanksi poin gratis untuk pihak lawan.

Posisi Masing-Masing Pemain

Seperti yang dibahas selintas di atas, 6 orang pemain tersebut akan menempati posisi yang berbeda, antara lain :

  1. Set-Upper (Tosser), adalah orang yang akan mengatur ritme permainan, agar bisa melakukan serangan balik ke pihak lawan.
  2. Spiker (Smasher), tugasnya memberikan pukulan keras pada pihak lawan, sekaligus sebagai blocker, untuk memblok bola dari pihak lawan. Ini adalah ujung tombang penyerangan.
  3. Libero (Defender), adalah pemain yang tugasnya menahan serangan dari pihak lawan, dengan menggunakan teknik passing. Dalam hal ini pemain dapat bebas keluar masuk Ukuran Lapangan Bola Voli.
  4. Server (Servis), posisinya random, dan berganti seiring dengan permainan yang ada.

Peraturan Permainan Bola Voli

Beberapa Peraturan seperti Ukuran bola voli dan lainnya terlihat tidak jauh berbeda dengan aturan pada permainan olahraga sepak bola. Walaupun demikian, ada juga hal-hal yang berbeda. Berikut ini adalah aturan dari permainan yang dimaksud :

  1. Mempunyai seorang wasit, yang tugasnya memimpin jalannya pertandingan.
  2. Wasit tersebut akan dibantu oleh 4 orang lain, yang tugasnya jadi seorang penjaga garis dan juga pencatat skor.
  3. Dalam peraturan bola voli, tidak ada batasan untuk pergantian pemain.
  4. Walau umumnya 1 tim dalam permainan voli ini terdiri atas 6 orang. Namun bisa juga kurang, bahkan hingga 4 orang pemain saja.
  5. Tapi jika kurang dari 4 orang, maka pihak penyelenggara akan secara otomatis, menganggap bahwa tim tersebut kalah, walaupun belum bertanding sekalipun.
  6. Seorang pemain, tidak boleh memainkan bola, lebih dari 1 kali, selama berturut-turut.
  7. Permainan bola voli akan dimulai dengan melakukan coin toss terlebih dahulu. Atau melemparkan koin, untuk menentukan siapa yang akan bermain terlebih dahulu.
  8. Sistem perhitungan poin dalam permainan bola voli ini adalah 25 rally point. Itu artinya ketika kedua tim sama-sama memperoleh 24-24 atau seri, maka akan terjadi deuce. Yang artinya permainan akan dilanjutkan dengan target 2 poin berikutnya. Tim yang berhasil memperoleh 2 poin secara cepat, dibanding tim lainnya, maka tim tersebut yang akan memang.

Waktu Permainan Bola Voli

Adapun peraturan bola voli yang akan dibahas selanjutnya adalah waktu permainan dari bola voli itu sendiri. Sebenarnya berapa lama permainan voli itu sendiri, maka jawabannya tidak ada batasan.

Dilihat dari Cara Bermain Bola Voli, waktu permainan ini akan diukur dari tim mana yang berhasil mengumpulkan 25 poin atau angka. Tim yang berhasil mengumpulkan lebih cepat 25 poin, maka tim tersebut yang akan memenangkan pertandingan dalam 1 set.

Dilihat dari aneka peraturan bola voli yang dibahas di atas, bisa dibilang permainan ini tidak terlalu sulit untuk dimainkan. Apalagi jika anda telah mengusai berbagai macam Formasi Bola Voli. Pastikan Anda mengerti akan aturan yang diberikan, dan mampu menjalankan aturan tersebut dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *