Voli Pantai: Teknik Dasar dan Peraturan Permainan

Voli Pantai
Voli Pantai

Permainan voli pantai adalah salah satu permainan yang tempat permainan di atas pasir pantai. Dalam permainan ini terdiri dari dua tim dimana masing – masing terdiri dari dua pemain. Sebenarnya voli pantai ini adalah varian dari permainan bola voli. Tak jauh berbeda sebenarnya dengan permainan voli, permainan ini dimainkan oleh dua tim yang dipisahkan dengan jaring atau net yang di bentangkan di tengah lapangan dan menggunakan tangan untuk memukul bola khusus.

Teknik dan Peraturan Permainan Voli Pantai

Dalam teknik permainan voli pantai para pemain berusaha untuk memukul bola untuk melewati atas net sehingga bisa masuk ke lantai daerah lawan dan berusaha untuk menahan bola sehingga tidak akan jatuh ke area pertahannya untuk bisa mendapatkan poin sebanyak – banyak.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa aspek yang penting di dalam permainan ini diantaranya:

  • Ukuran Lapangan Bola Voli pantai adalah 16m x 8m. Dengan panjang net kisaran 8,5m dan untuk tinggi net bola voli pemain putra 2,43 sedangkan untuk net pemain putri 2,42m.
  • Untuk warna bola dari voli pantai jauh lebih cerah (Pilihan warnanya orange, kuning, pink dll). Dengan diameter Ukuran bola voli kisaran 66cm – 68cm dan berat kisaran 260-280 gram.
  • Untuk jumlah pemain dalam permainan bola voli pantai ini adalah 2 orang pemain dari tiap tim. Dan terdiri dari dua kelas yaitu kelas men dan kelas women.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli Pantai 

Dalam permainan voli pantai ini sendiri sebenarnya ada teknik dasar yang dimainkan sehingga permainan bisa berjalan dengan baik diantaranya adalah:

Teknik Service

Service adalah salah satu teknik di dalam olahraga ini, dimana pemain akan memukul bola dengan tujuan untuk memulai permainan. Dalam permainan ini terdapat beberapa Cara Bermain Bola Voli untuk bisa melakukan service. Ada servis yang dilakukan dengan ayunan tangan dari arah bawah ke atas, ada servis yang dilakukan dengan ayunan tangan dari samping, ada juga serve yang menggunakan ayunan tangan ke atas dan yang terakhir servi dengan jump smash. Pada saat melakukan servis ada beberapa yang memang harus diperhatikan oleh para pemain diantaranya adalah sikap badan, pandangan mata hingga perkiraan waktu memukul bola.

Teknik Passing 

Tujuan Permainan Bola Voli dalam Teknik passing adalah salah satu teknik melakukan over bola kepada kawan untuk bisa mengatur ritme bola sehingga pada saat akan menyerang sudah memiliki tumpuan bola yang dipastikan akurat. Passing di dalam permainan ini adalah salah satu teknik yang sangat diperlukan. Sebenarnya ada beberapa jenis passing dalam permainan bola voli pantai, diantaranya adalah passing atas dan passing bawah.

Teknik Smash

Smash adalah salah satu teknik memukul bola dengan sangat keras dan dipastikan tepat ke arah area pertahanan lawan sehingga tim akan mendapatkan poin jika melakukannya. Untuk bisa melakukan pukulan smash ini maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah Formasi Bola Voli, aspek awalan, tolakan, pukulan dan juga harus diperhatikan pendaratan tubuh serta seperti apa posisi lawan anda.

Teknik Blocking

Untuk teknik blocking dari voli pantai biasanya digunakan dengan tujuan untuk meredam serangan lawan dengan cara menghalangi laju perputaran bola yang datang menuju ke area pertahanan. Dan biasanya teknik blocking dilakukan di depan net.

Peraturan dalam Permainan Bola Voli Pantai 

Berdasarkan Penemu Bola Voli, dalam permainan bola voli pantai walaupun dimainkan oleh dua orang dalam satu tim, tetap memiliki aturan yang ketat. Berikut adalah Peraturan Bola Voli umum dalam olahraga pantai ini:

  1. Peraturan pertama dalam permainan ini ialah tidak ada pergantian pemain. Artinya tim awal hingga akhir adalah pemain yang sama
  2. Jika ada salah satu pemain tidak sengaja masuk ke pertahanan lawan maka pemain yang melewati net tidak dinyatakan melakukan pelanggaran selama gerakannya tidak menganggu gerakan lawan.
  3. Setiap tim akan mendapatkan poin jika salah satu pemainnya melakukan blocking dan membentur net.
  4. Dalam permainan ini, istilah yang digunakan untuk menghitung point adalah Open Hand Dinks. Istilah ini digunakan dengan mengartikan oper bola ke lawan dengan ujung jari. Teknik oper bola ini dianggap tak salah dalam olahraga ini.
  5. Setiap pemain bisa dengan leluasa pindah posisi depan atau belakang tidak terikat dengan perannya
  6. Untuk melakukan servis permulaan maka dilakukan secara bergantian tanpa adanya perputaran pemain
  7. Dalam permainan ini tidak ada pemberian peran seperti permainan indoor. Sehingga, para pemain bisa bebas melakukan smash, blocking dan umpan sesuai dengan keadaannya.
  8. Tim yang menjadi juara adalah yang memenangkan 2 set dari 3 set permainan. Setiap set di dapatkan point mencapai 21 dan untuk set ketiga hanya 15 point.

Setiap pemain voli pantai diperbolehkan untuk menggunakan kode tangan saat akan membuat strategi permainan. Biasanya kode ini akan ditunjukkan di belakang punggung pemain dan tidak akan terlihat oleh pihak lawannya. Anda juga perlu menambah wawasan terkait organisasi yang menaungi bola voli dunia, yakni Federasi Bola Voli Internasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *