Ukuran Bola Voli: Jenis dan Sejarah Olahraga Voli

Ukuran Bola Voli
Ukuran Bola Voli

Olahraga bola yang cukup terkenal selain sepakbola dan bola basket adalah, bola Voli. Sama seperti olahraga jenis lainnya, olahraga jenis ini juga dapat dimainkan oleh pria maupun wanita. Mengingat olahraga jenis ini adalah jenis olahraga yang menggunakan bola, sudah pasti ada Peraturan Bola Voli tersendiri tentang ukuran yang akan digunakan.

Sejarah Bola Voli

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ukuran bola voli, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu tentang sejarah Penemu Bola Voli.

Bacaan Lainnya

Permainan bola voli ini sendiri, pertama kali diperkenalkan oleh Morgan. Lantaran dirinya terinspirasi oleh permainan bola basket. Kemudian dirinya mulai mengkolaborasikan dengan cabag permainan bola lainnya, seperti baseball, basket dan juga bola tangan.

Pertama kali dimainkan, permainan tersebut bernama Mintonette, yang kemudian terkenal secara luas hingga tahun 1896. Hingga akhirnya jadi pertandingan resmi di acara event internasional YMCA Training School. Mulai saat itu namanya resmi berubah jadi Volley atau Voli.

Di indonesia sendiri, permainan ini masuk pada tahun 1928 oleh orang-orang Belanda. Pada saat itu permainan tersebut hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda dan bangsawan saja. Mengingat olahraga tersebut, dikembangkan oleh guru-guru pendidikan jasmani dari Belanda.

Selain itu Tujuan Permainan Bola Voli ini juga kerap kali dimainkan oleh para tentara dan terkadang mengadakan pertandingan antara tentara dan pelajar. Seiring waktu perkembangan bola voli di Indonesia, mulai berkembang cukup pesat, hingga lahirnya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, atau yang disingkat jadi PBVSI, yang didirikan pada 22 Januari 1955, hingga saat ini.

Sedangkan Induk organisasi tertinggi dari Bola Voli adalah FIVB atau Federation Internationale de Volleyball. Organisasi tersebut yang nantinya mengatur berbagai macam hal yang berhubungan dengan olahraga ini, termasuk salah satunya adalah ukuran bola voli.

Ukuran Standar Bola Voli

Pada dasarnya ukuran bola voli sama, baik yang dibuat oleh pihak PBVSI, karena menginduk pada FIVB. Itu artinya ukuran bola Voli yang ada di seluruh dunia sama, yaitu :

  1. Mempunyai keliling lingkaran sekitar 65 – 67 cm.
  2. Mempunyai berat bola sekitar 260 – 280 gram.
  3. Tekanan bola voli yang dimiliki sekitar 294,3 – 318,82 mbar atau hPa.
  4. Sedangkan diameter bola voli sendiri sekitar 18 hingga 20 cm.

Ukuran bola voli, tersebut berlaku untuk permainan putra dan juga putri, serta untuk jenis permainan voli lainnya, seperti permainan bola voli mini, bola Voli Pantai dan yang lainnya. Anda juga perlu mengetahui berapa tinggi net bola voli berdasarkan peraturan yang ada.

Jenis Bola Voli Berdasarkan Ukuran

Jika  pada ulasan di atas dibahas tentang ukuran standar dari bola voli, ada juga beberapa jenis bola lain, yang tentu saja berbeda ukuran, dan dapat digunakan dalam permainan voli tersebut, antara lain:

Ukuran 4 Kecil

Meskipun kecil, Cara Bermain Bola Voli masih tetap sama. Yang pertama akan dibahas adalah bola voli berukuran 4 kecil. Ukuran bola voli tersebut pas jika digunakan untuk anak sekolah SD. Ukuran dini dipilih, karena terbilang cukup ringan 50 g, dibanding ukuran 4 normal. Dimana biasanya beratnya sekitar 200 hingga 220 g.

Biasanya terbuat dari bahan yang lembut seperti karet, atau juga busa jenis khusus, seperti EVA (ethylene vinyl acetate). Digunakan, karena dinilai cocok serta tidak membahayakan, serta memperkecil resiko cedera. Bisanya bola tersebut dilapisi oleh kulit sintetis.

Ukuran 4 Normal

Ukuran 4 normal ini biasanya digunakan untuk anak SMP atau Sekolah Menengah Pertama, atau juga ibu yang suka akan permainan tersebut. Bobot dari bola itu sendiri sekitar 240 hingga 260 g. Jika dilihat sepintas, mungkin tidak jauh berbeda, karena ukurannya sama. yang membedakan adalah berat dari bola tersebut. Kali ini bobot yang digunakan sekitar 240 hingga 260 gram.

Selain dapat digunakan untuk olahraga, ukuran bola ini juga pas jika digunakan sebagai bola untuk rekreasi, karena ukurannya yang kecil.

Ukuran 5

Bola voli ukuran 5 adalah hal yang akan dibahas berikutnya. Ukuran yang satu ini direkomendasikan untuk Anda pria dan wanita yang sudah menginjak usia SMA atau lebih. Khusus untuk bola jenis ini, berbeda dengan bola pada ukuran sebelumnya. Dimana pada jenis bola voli yang satu ini, menggunakan bahan kulit. Demikian pula dengan boot dari bola itu sendiri. Terbilang lebih berat, dari 2 bola sebelumnya, yaitu sekitar 260 hingga 280 gram.

Bisa dibilang ini adalah ukuran bola yang umum digunakan pada pertandingan skala nasional hingga internasional. Yang turut dibawahi juga oleh Federasi Bola Voli Internasional.

Yang Harus Diperhatikan

Setelah Anda mengenal berbagai macam ukuran yang ada dan yang digunakan saat ini. Maka berikutnya Anda perlu mengetahui jenis-jenis bola yang cukup sering digunakan, yaitu :

  • Jenis bola tersertifikasi. Bola jenis ini memang sebaiknya digunakan untuk kegiatan latihan. Sehingga Anda seolah-olah sedang bertanding di Ukuran Lapangan Bola Voli.
  • Bola resmi, adalah bola yang memang diakui oleh penyelenggara turnamen olahraga Voli, seperti PBVSI dan juga FIVB. Bisanya bola seperti ini mempunyai tanda khusus.
  • Bola latihan, bola yang satu ini, paling pas jika digunakan untuk acara rekreasi atau latihan ringan saja. Bukan latihan serius untuk ajang turnamen.

Demikianlah beberapa ulasan tentang ukuran bola voli dan hal-hal yang berhubungan dengan olahraga itu sendiri. Semoga ulasan kali ini bermanfaat. Anda juga perlu mengetahui pola serangan dan bertahan dengan membaca Formasi Bola Voli agar semakin percaya diri dalam berolahraga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *