Lagu Tradisional Aceh: Makna, Lirik, Chord Lagu Bungong Jeumpa

Lagu Aceh tradisional
Lagu Aceh: Tari Saman salah satu kekayaan budaya yang dimiliki provinsi Aceh (source: visitbandaaceh.com)

Lagu tradisional Aceh sangatlah beragam. Bungong Jeumpa menjadi salah satu lagu Aceh yang populer dan bermakna dalam. Bungong Jeumpa dalam bahasa Indonesia berarti bunga cempaka. Bunga ini bukan hanya sebuah tembang tradisional, namun ternyata memiliki cerita sejarah, makna, dan fungsi yang sangat beragam.

Makna Lagu Tradisional Aceh Bungong Jeumpa

Lagu ini memiliki nilai sejarah yang penting. Jeumpa merupakan nama sebuah kerajaan Islam di Aceh yang pernah berdiri berabad-abad yang lalu. Kerajaan ini berperan penting dalam persebaran Islam di Nusantara.

Bacaan Lainnya

Kerajaan ini terletak di Kabupaten Bireuen, Aceh dan juga memiliki istana di Desa Blang Seupeueng. Berdasarkan catatan sejarah, dahulunya Desa Blang Seupeueng merupakan pelabuhan besar yang biasa dilalui kapal-kapal dan perahu kecil. Dari kerajaan tersebut akhirnya nama Jeumpa digunakan sebagai judul tradisional Aceh.

Selain bernilai sejarah lagu Bungo Jeumpa juga memiliki makna yang mendalam. Lagu ini memberikan gambaran tentang semangat dan keindahan Aceh. Bungong Jempa merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Aceh. Bunga ini memiliki aroma yang harum dan sangat cantik.

Lagu Aceh Bungong Jeumpa biasanya dibawakan langsung atau dinyanyikan bersama musik dan tarian pengiring. Lagu ini bahkan pernah dibawakan saat pembukaan Asian Games 2018 dengan diiringi tarian Ratoh Jaroe. Lirik yang easy listening dan khas membuat lagu ini banyak diterima semua kalangan.

Lirik Lagu Tradisional Aceh Bungong Jeumpa

Bagi Anda yang penasaran dengan lirik lagu Aceh Bungong Jeumpa, berikut ini liriknya lengkap dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Acèh
Bungong teuleubèh, teuleubèh indah lagoë na
Putéh kunèng meujampu mirah
Bungong siulah indah lagoë na

Lam sina buleuën, lam sina buleuën angèn peuayôn
Rurôh meususôn, meususôn, nyang mala-mala
Mangat that mubèë meunyo tatém côm
Leupah that harôm si bungong jeumpa

Terjemahan:

Bunga cempaka, bunga cempaka terkenal di Aceh
Bunga indah sekali
Putih kuning bercampur merah
Mekar sekuntum indah rupawan

Dalam sinar bulan, dalam sinar bulan angin ayunkan
Gugur bersusun, bersusun, yang sudah layu
Harum baunya kalau ingin dicium
Alangkah harum si bunga cempaka

Chord Lagu Tradisional Aceh Bungo Jeumpa

Selain dibawakan dalam pentas seni tradisional, lagu Aceh Bungong Jeumpa juga dapat dibawakan menggunakan alat musik modern seperti gitar. Bagi Anda yang ingin membawakan lagu daerah ini menggunakan gitar, berikut chord lagu Bungo Jeumpa.

Am
bungong jeumpa
Am
bungong jeumpa
C
meugah di aceh
E
bungong teu leubeh teuleubeh indah lagoina

Am
bungong jeumpa
Am
bungong jeumpa
C
meugah di aceh
E
bungong teu leubeh teuleubeh indah lagoina

Reff:
Puteh kuneng
Am
Meujampu mirah
E
bungong si ulah-siulah indah lagoina
Am

harom that meubee
Am
Menyo ta tem com
E
leupah that harom lah harom si bungong jeumpa
Am

am sinar buleun
Am
lam sinar buleun
Am
Angen peu ayoon
C
nuroeh si oen-oen, si oen-oen yang mala-mala
E Am

Fungsi Lagu Tradisional Aceh Bungong Jeumpa

Tak seperti lagu modern, lagu tradisional atau daerah memiliki makna dan fungsi yang sangat luas. Hal tersebut juga berlaku bagi lagu Aceh Bungong Jeumpa. Lagi ini memiliki beberapa fungsi, sebagai berikut:

1. Upacara adat

Lagu ini biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat seperti upacara pernikahan.

2. Menyambut tamu

Dalam upacara penyambutan tamu baik dari dalam atau luar negeri biasanya lagu ini diputar. Lagu tradisional Aceh ini dapat memberikan kesan meriah dan ramah kepada tamu yang datang.

3. Media komunikasi

Musik atau lagu daerah biasanya digunakan sebagai media komunikasi tak langsung. Hal ini juga berlaku untuk Bungong Jeumpa. Lagu ini sudah sejak lama digunakan untuk menyampaikan pesan keindahan tanah Aceh kepada banyak orang.

4. Mengiringi tarian tradisional

Aceh juga terkenal dengan tarian tradisional yang menarik dan unik. Lagu ini biasanya diputar untuk mengiringi pertunjukan tari khas Aceh. Hal tersebut pernah dilakukan saat pembukaan Asian Games 2018, lagu Bungong Jeumpa diputar untuk mengiringi tari Ratoh Jaroe.

Sekilas Tentang Bungong Jeumpa

Bengung Jeumpa atau bunga cempaka merupakan tanaman endemik Aceh yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh. Bunga ini biasa dimanfaatkan dalam berbagai hal. Dalam pernikahan bunga ini biasanya hadir dalam upacara manoe pucok atau tradisi memandikan mempelai perempuan sebelum ijab kabul.

Bagi masyarakat Aceh Selatan, bunga ini biasanya digunakan sebagai campuran wewangian untuk upacara mandi balimau sebelum Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Mandi balimau juga diartikan sebagai mandi wajib sebelum melaksanakan ibadah. Bunga jeumpa juga biasa digunakan sebagai wawangian air untuk ziarah makam.

Demikian ulasan tentang lagu tradisional Aceh. Bunga Jeumpa bukanlah lagu daerah satu-satunya, Aceh masih memiliki beberapa lagu daerah yang bagus dan memiliki makna mendalam.

Sumber:

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbaceh/bungong-jeumpa/ 

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-aceh/baca-artikel/13736/Bungong-Jeumpa-Keindahan-serta-Kemahsyurannya-bagi-Masyarakat-Aceh.html 

https://id.wikipedia.org/wiki/Bungong_Jeumpa

https://www.kursiguru.com/lagu-bungong-jeumpa/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *