Dalam Pertandingan Bola Basket Seorang Pemain Dinyatakan Melakukan Walking Jika?

dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika
dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika

Ketahui Arti Walking dalam Permainan Bola Basket

Pernahkah kamu mendengar istilah walking? Dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika melangkah atau mengangkat kaki poros ketika bola sedang dipegang.

Lalu, apa hukuman untuk pemain yang melakukan walking? Nah, agar lebih memahami seputar walking dalam permainan bola basket, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bacaan Lainnya

Sekilas Tentang Permainan Bola Basket

Permainan bola basket diciptakan oleh Dr. James A. Naismith pada tahun di Amerika Serikat kemudian mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1930. Pada pertandingan bola basket terdapat dua regu yang bermain dimana tiap regunya beranggotakan 5 orang.

Tujuan utama permainan bola basket adalah memasukkan bola basket ke keranjang (ring basket) regu lawan. Permainan dipimpin oleh wasit yang terdiri dari wasit utama (referee), wasit pembantu (umpire), serta wasit pencatat waktu dan skor.

Baca Juga: Dalam Bola Basket Teknik Menembak Sambil Melayang Dinamakan?

Jenis pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

Dalam suatu permainan pasti ada aturannya seperti pada permainan bola basket. Peraturan diberlakukan untuk dipatuhi para pemain supaya permainan berjalan dengan baik dan antar regu saling sportif.

Selain peraturan, dikenal pula istilah pelanggaran. Jika pemain atau regu melakukan pelanggaran maka akan menerima hukuman dan dapat memicu terjadinya kekalahan. Dalam permainan bola basket terdapat dua jenis pelanggaran yakni violence dan foul.

Dijabarkan dalam buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2019) yang ditulis Bari Budi Kusuma mengenai pengertian violation dan foul. Violation adalah pelanggaran terhadap aturan permainan bola basket.

Violation dalam bola basket terdiri dari sembilan jenis pelanggaran yang harus dihindari pemain yaitu walking atau travelling, carrying, double dribble, goaltending, pelanggaran three seconds, backcourt, five seconds violation, 24 seconds violation, dan shot clock.

Baca Juga: 4 Tujuan Utama dalam Permainan Bola Basket dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Sementara itu, foul merupakan pelanggaran yang dilakukan langsung terhadap pemain lawan. Foul dalam permainan basket terdiri dari enam pelanggaran antara lain personal foul, technical foul, intentional foul, flagrant foul, blocking dan charging foul, serta team foul.

Apa itu Walking atau Travelling?

Ada banyak istilah dalam pelanggaran permainan bola basket salah satunya adalah walking. Apa itu walking? Walking merupakan salah satu dari sekian banyak contoh pelanggaran violence.

Dikutip dari Buku Kamus Basket (Arti kata dan Frasa) walking atau travelling merupakan pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan gerakan melangkah atau mengangkat kaki poros ketika bola sedang dipegang. Sederhananya, seorang pemain basket dinyatakan melakukan walking apabila pemain basket membawa bola lebih dari dua langkah tanpa dribble.

Kondisi lain yang termasuk pelanggaran walking yakni ketika pemain melompat dan mendarat kembali dengan tetap memegang bola. Pelanggaran ini termasuk jenis pelanggaran terhadap aturan (violence) dan dilakukan secara perseorangan. Walking termasuk dalam pelanggaran ringan.

Hukuman Jika Melakukan Walking

Dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika melakukan pelanggaran seperti yang sudah diterangkan sebelumnya. Oleh karena itu, pemain yang dinyatakan walking akan mendapatkan hukuman.

Hukuman yang diberikan wasit yakni pemain tersebut harus memberikan bola kepada tim lawan atau disebut dengan turn over. Sanksi ini masih dikatakan ringan.

Cara Menghindari Walking

Dalam aturan bola basket, pemain dapat membawa bola tanpa mendribble sebanyak dua langkah. Jika lebih, maka sudah termasuk melanggar atau dianggap walking.

Baca Juga: Tujuan Menggiring Bola Tinggi dalam Bermain Basket adalah Menyerang, Ini Penjelasannya!

Oleh karena itu, pemain harus senantiasa memantulkan bola di lapangan basket ketika menggiringnya ke arah lawan atau disebut juga teknik menggiring bola (dribble) seperti yang dijelaskan pada Official Basketball Rules (2020) yang diterbitkan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Selain itu, pemain juga bisa melakukan teknik dasar lain seperti mengoper bola ke pemain lain.

Demikian penjelasan tentang pelanggaran walking atau travelling yang perlu diketahui saat bermain bola basket agar terhindar dari hukuman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *