Cara Bermain Bola Voli: Sejarah dan Teknik Dasar Rahasia

Cara Bermain Bola Voli
Cara Bermain Bola Voli

Tidak Semudah yang Terlihat

Cara bermain bola voli tidak sekedar seperti yang terlihat, yang sepertinya semudah “hanya” berlarian kesana-kemari melempar dan smash ke lawan kemudian mendapat poin, lalu menang. Apalagi jika berbicara tentang bagaimana Formasi Bola Voli yang efektif untuk menyerang dan juga bertahan. Jika cara bermain bola voli memang sederhana itu, tidak akan sampai ada perlombaan atau kejuaraan resmi tingkat nasional atau antar negara, dan tidak akan ada federasi yang menaunginya.

Sejarah Permainan Bola Voli

Berdasarkan sejarah Penemu Bola Voli dikutip dari Federation Internationale de Volleyball (FIVB), pertama kali bola voli- yang bermula memiliki nama Mintonette- ditemukan pada tanggal 9 Februari tahun 1895 di Holyoke, Negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat oleh William George Morgan, yang mana merupakan instruktur bidang pendidikan jasmani (Director of Physical Education) di Young Men Christian Association (YMCA).

Bacaan Lainnya

Saat itu, Tujuan Permainan Bola Voli Morgan adalah menciptakan sebuah olahraga baru yang bisa melibatkan segala penjuru usia (tua maupun muda), yang mana awalnya Mintonette hanya dikhususkan untuk dimainkan oleh anggota YMCA yang berusia tidak lagi muda dan sebagai sarana bersenang-senang saja tanpa Peraturan Bola Voli yang baku.

Mintonette ini dulu merupakan kombinasi dari berbagai jenis olahraga/permainan lain, yakni baseball, basket, bola tangan dan tenis. Lantas, bagaimana Mintonette atau bola voli bisa populer sampai sekarang?

Kegigihan Morgan, Penemu Bola Voli

Terima kasih pada kegigihan Morgan melakukan eksperimen memasang tinggi net bola voli sekitar 6 kaki dari tanah, berada di atas kepala manusia. Di sini, Morgan tidak berjuang sendirian. Ia meminta bantuan membuat bola pada perusahaan A.G Spalding & Bros, yang mana kini sebagian kita tahu, Spalding adalah merk terkenal dalam membuat bola. Ukuran bola voli dibuat dengan dua variasi berat dan ukuran, masing-masing 336 dan 252 gram, dengan diameter masing-masing 68,6 cm dan 63,5 cm.

Merasa tidak cukup sendirian merancang konsep dasar permainan, Morgan juga meminta bantuan dua temannya yang juga dari Holyoke, yaitu Dr. Frank Wood dan John Lynch. Rancangan dasar ini melahirkan tujuan agar bola tetap ada di atas net.

Baca Juga: Mengapa Kegagalan Servis Dalam Pertandingan Bola Voli Sangat Merugikan? Ini Alasanya!

Morgan mendapat kesempatan mendemonstrasikan permainan hasil eksperimennya yang dinamakannya Mintonette di sebuah konferensi di YMCA, Springfield, yang diadakan oleh Dr. Luther Halsey Gulick yang merupakan Direktur pendidikan jasmani di YMCA. Konferensi ini diadakan pada awal tahun 1896.

Selain demonstrasi eksperimen tersebut dipraktekkan/dimainkan oleh 10 pemain yang dikerucutkan menjadi 2 regu yang masing-masing kapten timnya adalah J.J Curran dan John Lynch, Morgan juga menjelaskan bahwa mintonette ini dapat dilakukan di mana saja – di ruang terbuka maupun tertutup/ruang olahraga, dan tidak ada batasan jumlah pemain. Kemudian, singkat cerita, permainan tersebut berganti nama menjadi bola voli, sampai sekarang, oleh profesor Alfred T Halstead yang kemudian disetujui. Tak berhenti sampai disitu, Morgan kemudian menulis sebuah buku tentang peraturan cara bermain bola voli dan diterbitkan pada bulan Juli tahun 1896.

Teknik Dasar dan Cara Bermain Bola Voli

Cara bermain Voli Pantai dan Voli Standar memiliki empat teknik dasar, yaitu : dimulai dari servis, umpan, block dan smash atau spike. Berikut singkat penjabaran empat teknik dasar cara bermain bola voli :

Teknik Dasar Servis (Service)

Teknik yang satu ini juga digunakan setelah meraih poin. Cara bermain bola voli dengan teknik ini, pemain diposisikan dari area garis belakang Ukuran Lapangan Bola Voli, kemudian pemain melambungkan bola ke daerah lawan dengan posisi bola di atas net. Servis/service ada 4 jenis: dari bawah, mengapung/floating overhand, jumping service, dan overhand roundhouse service

Umpan (Passing)

Cara bermain bola voli dengan teknik ini terbagi menjadi dua gerakan, yaitu umpan/passing atas dan umpan/passing bawah.

Umpan/passing atas digunakan untuk memberikan umpan ke toser sebagai skema dalam menyerang, sementara umpan/passing bawah digunakan sebagai pertahanan dari serangan lawan ataupun mengumpan pada rekan.

Blok (Block)

Agar lawan tidak meraih poin dengan smes/smash, para pemain biasanya berusaha menangkis bola di depan net. Cara bermain bola voli dengan teknik ini tidak wajib hanya dilakukan oleh 1 orang pemain. Jika perlu, dua-tiga pemain lain bisa memaksimalkan untuk memblokir bolanya

Caranya mungkin terlihat “sederhana”, yakni satu atau tiga pemain cukup melompat tepat di depan net, blokir dengan satu atau dua tangan sekaligus. Namun butuh kemampuan khusus untuk fokus membaca arah pergerakan bola dan trik para pemain lawan.

Smes (Smash)

Merupakan teknik/cara bermain bola voli untuk menyerang lawan dengan memukulkan bola voli secara tajam dan keras.

Bisa jadi teknik ini yang paling sulit diawali karena perlu koordinasi yang benar-benar tepat antara fokus ke arah tujuan penyerangan, kapan harus menyerang, kemampuan memukul bola dengan keras, dan bagaimana antisipasi blok/block yang dirancang oleh pihak lawan

Teknik dan Cara Lain yang Juga Penting

Berada di dalam wadah yang tepat dan dilatih oleh yang pro adalah beberapa cara bermain bola voli yang lain. Tidak lupa, disiplin berlatih penguasaan teknik dapat menyempurnakannya. Anda juga bisa menambah wawasan dengan mengetahui lebih lanjut tentang Federasi Bola Voli Internasional.

Teknik permainan bola voli yang bertujuan untuk mengambil bola hasil servis lawan dinamakan? 

Receive adalah salah satu teknik permainan bola voli yang memiliki tujuan untuk mengambil bola hasil pukulan servis lawan. Seringkali Receive dilakukan menggunakan cara passing bawah maupun digging atau menjatuhkan badan ke depan.

sistem hitungan yang digunakan dalam permainan bola voli yaitu?

Sistem hitungan yang dipakai pada pertandingan bola voli adalah 25 rally point. Artinya, jika pada pertandingan poin peserta hasilnya seri 24-24, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan penambahan 2 poin. Artinya, Tim bola voli yang unggul dengan selisih 2 poin akan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *