10 Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket, Penjelasannya dan Hukuman yang Diberikan

10 Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket, Penjelasannya dan Hukuman yang Diberikan
10 Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket, Penjelasannya dan Hukuman yang Diberikan

Jenis pelanggaran dalam bola basket memang cukup banyak. Pelanggaran ini sendiri biasanya dilakukan oleh para pemain, ketika sedang memegang bola, atau dalam taktik bertahan. Yang perlu diketahui adalah, setiap pelanggaran ada hukuman yang dijatuhkan, mulai dari yang paling ringan, seperti Turnover, hingga yang paling berat, seperti fouled out dan juga skorsing. Berikut ini adalah jenis-jenis pelanggaran yang dimaksud, berikut penjelasannya.

1. Pelanggaran Dalam Bola Basket: Personal Foul

Seperti namanya, ini adalah pelanggaran perseorangan. Termasuk jenis pelanggaran yang paling umum dan paling sering dilakukan dalam sebuah pertandingan bola basket. Biasanya setiap pemain mempunyai jatah maksimal melakukan pelanggaran personal atau Personal Foul, sebanyak 5 kali.

Bacaan Lainnya

Apabila terjadi pelanggaran ke 6, maka pemain akan memperoleh Foul Out atau dikeluarkan dari pertandingan. Sedangkan hukuman dalam bola basket untuk personal foul ini sendiri adalah lemparan kedalam, Foul Out dan juga Free Throw.

2. Pelanggaran Dalam Bola Basket: Team Foul

Jenis pelanggaran dalam bola basket berikutnya bernama Team Foul. Seperti namanya ini adalah jenis pelanggaran yang dilakukan bersama kelompok atau tim, secara kumulatif. Misalnya saja, ketika 4 orang pemain dalam tim A, melakukan masing-masing 1 kali pelanggaran. Maka total Team Foul yang akan dihitung jadi 5, atau 5 kali Team Foul.

Adapun hukuman yang diberikan ketika terjadi pelanggaran Team Foul sifatnya per Kuarter. Apabila pelanggaran Team Foul yang dikumpulkan kurang dari 5 kali dalam 1 Kuarter. Maka hukumannya adalah lemparan ke dalam. Tapi jika pelanggaran yang dilakukan sudah 5 kali, maka hukuman yang akan diberikan, berupa Free Throw.

Adapun syarat tersebut, tidak berlaku pada beberapa Team Foul, seperti Blocking Foul dan Shooting Foul.

3. Pelanggaran Dalam Bola Basket: Technical Foul

Pelanggaran Teknikal atau disebut juga dengan Technical Foul, adalah salah satu jenis pelanggaran berat, yang dilakukan dalam pertandingan bola basket. Terjadinya pelanggaran tersebut, biasanya lebih disebabkan oleh beberapa hal, seperti pemain yang mengeluarkan kata-kata kasar, pada official pertandingan, melakukan gerakan secara berlebihan, bermain tidak semestinya, atau bahkan memicu pertengkaran antar pemain.

Pelanggaran ini juga berlaku tidak hanya untuk para pemain saja, namun jua bagi pelatih dan official tim itu sendiri.

Hukuman yang diberikan, jika terjadi 2 kali pelanggaran Technical Foul, adalah dikeluarkan dari pertandingan, atau disebut dengan Ejected. Baik itu pemain, pelatih atau juga official tim. Hadiah untuk tim lawan adalah Free Throw.

4. Offensive Foul

Offensive Foul adalah pelanggaran dalam bola basket yang akan dibahas berikutnya. Ini adalah pelanggaran yang terjadi, ketika pemain yang ada dalam posisi menyerang, bertabrakan dengan pemain bertahan dari pihak lawan. Tentunya yang sudah melakukan posisi defence yang benar. Kondisi seperti ini, akan sangat merugikan, karena akan menghilangkan Possesion Ball.

Adapun hukuman dari pelanggaran jenis ini adalah perpindahan bola atau yang disebut dengan Turnover.

5. Blocking Foul

Pelanggaran jenis Blocking Foul biasanya terjadi ketika pemain, secara sengaja, menghentikan pemain lawan. Dengan cara menutup gerakan secara tiba-tiba, dan membuat pemain lawan hilang keseimbangan, untuk melakukan shooting.

Adapun hukuman dari pelanggaran Blocking Foul, adalah Free Throw.

6. Flagrant Foul

Bisa dibilang Flagrant Foul termasuk pelanggaran dalam bola basket yang tidak etis. Maksudnya di sini pemain secara sengaja ingin mencederai pihak lawan. Misalnya saja dengan melakukan pukulan pada tubuh lawan, pada saat keduanya sedang berduel.

Dikategorikan sebagai pelanggaran berat, dan bisa memperoleh skorsing. Hukuman dari pelanggaran jenis ini, adalah Free Throw, Foul Out, Technical Foul atau bahkan skorsing.

7. Travelling Foul

Travelling Foul sendiri adalah jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Dengan cara melakukan 2 langkah, tanpa melakukan dribble. Termasuk salah satu jenis pelanggaran umum, dan biasa terjadi dalam permainan level Junior.

Sedangkan dalam kompetisi NBA, biasanya terjadi ketika pemain, kebingungan dalam mencari ruang tembak. Yang menyebabkan dirinya melakukan step back secara berlebih.

Adapun hukuman yang diberikan, pada pelanggaran jenis ini adalah, perpindahan bola, atau disebut dengan turnover.

8. Three Second Violation

Three Second Violation, juga termasuk salah satu pelanggaran dalam bola basket, yang juga cukup umum dilakukan. Dimana pemain, lalai dalam melakukan gerakan di Paint Area selama 3 detik. Itu sebabnya, ketika melakukan defence atau juga Offence, sebaiknya pemain yang berdiri dari area tersebut, harus aktif bergerak. Jika dalam 3 detik, tidak melakukan gerakan, maka pelanggaran tersebut akan terjadi.

Adapun hukuman untuk pelanggaran ini, terbilang ringan, yaitu lemparan ke dalam atau Free Throw.

9. Back Court Violation

Bisa dibilang Back Court Violation ini adalah salah satu jenis pelanggaran dalam bola basket yang cukup unik. Pelanggaran ini terjadi ketika pemain, melakukan dribble bola kembali ke wilayah pertahanan, setelah sebelumnya melewati garis tengah lapangan.

Hukumannya adalah perpindahan bola atau Turnover.

10. Foul Out

Foul Out sendiri, adalah hukuman bagi pemain, yang sudah menerima atau melakukan 6 kali Personal Foul, dalam 1 pertandingan. Yang artinya pemain tersebut, tidak dapat melanjutkan kembali pertandingan yang ada.

Demikianlah beberapa ulasan tentang jenis pelanggaran dalam bola basket, penjelasan dan hukuman yang diberikan. Selanjutnya, anda perlu juga mempelajari Strategi Pivot Basket agar lebih “jago” dalam bermain basket.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *