Sakit Kepala: Penyebab, Tipe Ketegangan, dan Obat Alami

Sakit Kepala
Ilustrasi gangguan sakit kepala (sumber: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sakit kepala merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menggangu. Penyakit yang sering disebut sebagai pusing bisa disebabkan oleh banyak hal. Rasa sakit yang dirasakan setiap orang mungkin akan berbeda-beda. Maka dari itu, mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan penyakit ini menjadi hal yang penting sebelum anda mencari cara untuk mengobati gangguan tersebut.

Penyebab Sakit Kepala

Penyebab dari sakit kepala ini sangatlah beragam. Melansir dari alodokter.com, penyebab dari penyakit ini yakni saraf nyeri di kepala yang mulai aktif. Pemicu dari hal tersebut mulai dari kurang tidur, telat makan, dan pilihan makanan yang tidak sehat. Penyakit bawaan juga bisa menyebabkan munculnya penyakit ini, beberapa penyakit tersebut antara lain masalah kesehatan gigi, infeksi pada telinga, hipertensi, dan tidak menutup kemungkinan diakibatkan oleh penyakit berbahaya seperti tumor pada otak.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, menurut penjelasan di alodokter.com, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit kepala. Misalnya kebiasaan yang kurang baik seperti konsumsi minuman alkohol, berlebihan dalam mengkonsumsi kafein, mengikat rambut terlalu kencang, mengenakan helm yang terlalu kecil, kurang tidur, telat makan, kebiasaan merokok, hingga olahraga yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan tersebut.

Beberapa penyakit juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan di kepala. Misalnya saja sakit di otak seperti tumor otak, radang otak, meningitis, dan kelainan lainnya yang menyebabkan gangguan pada sistem otak. Penyakit di area wajah juga bisa  seperti glaukoma, sinusitis, sakit gigi, flu, dan lain sebagainya. Penyakit jantung hingga depresi juga bisa menjadi pemicu dari masalah kesehatan ini.

Banyaknya penyebab pusing membuat kita tidak bisa sembarangan dalam menangani penyakit ini. Lebih baik untuk konsultasikan pada dokter terlebih dahulu agar tidak salah dalam mengobati kepala pusing.

Jenis Sakit Kepala dan Tipe Ketegangan

Bukan hanya penyebabnya, ternyata jenis dari masalah kesehatan ini juga cukup beragam. Berikut ini beberapa jenis sakit kepala dan tipe ketegangan yang biasa muncul.

Sakit Kepala Bagian Belakang

Sakit kepala pada bagian belakang menimbulkan gejala yang berbeda pada setiap orang. Namun menurut penjelasan di hellosehat.com, umumnya gejala yang ditimbulkan seperti; rasa sakit yang menggangu, adanya rasa seperti di tekan pada bagian sisi dan belakang kepala, serta menyebabkan kulit kepala, leher, dan otot bahu terasa lunak. Pada laman tersebut juga dijelaskan berbagai penyebab ganggua kesehatan ini diantaranya;

1. Tension headache

Sakit kepala tegang ini merupakan kondisi umum dan biasanya gangguan ini muncul pada tengkorak bagian belakang. masalah kesehatan ini bisa terasa sekitar 30 menit hingga tujuh hari. penyebabnya juga beragam mulai dari stres hingga otot belakang leher dan kepala yang tegang.

2. Migran

Migran biasanya muncul dari sisi sebelah kiri kemudian berpindah ke bagian belakang kepala. Durasi masalah kesehatan pada setiap orang berbeda-beda. Namun pertambahan usia dipercaya bisa meningkatkan frekuensi sakit  karena migran.

Sakit Kepala Sebelah Kiri

Jenis penyakit  lainnya yang umum muncul yaitu sakit pada kepala sebelah kiri. Penyebab dari gangguan kesehatan ini juga beragam. Melansir dari alodokter.com, penyebab masalah kesehatan ini umumnya karena gaya hidup yang kurang sehat seperti konsumsi alkohol, menunda makan, jam tidur yang kurang hingga stres. Sementara itu, beberapa kondisi media yang memicu munculnya gangguan kesehatan ini antara lain:

  1. Cluster dan migran
  2. Adanya infeksi dan alergi
  3. Gangguan saraf trigeminus
  4. Hipertensi
  5. Stoke
  6. Tumor pada otak
  7. Gegar otak

[irp posts=”1268″ name=”6 Manfaat Senam Lansia Yang Perlu Anda Ketahui”]

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Rasa tidak nyaman pada kepala jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat bisa menyebabkan gangguan dan rasa tidak nyaman. Masalah kesehatan ini juga bisa menjadi petanda atau gejala dari penyakit lain yang lebih parah. Maka dari itu, mengatasi gangguan kesehatan ini harus dilakukan dengan tepat dan cepat. Baik menggunakan obat seperti saridon, atau menggunakan cara yang alami seperti di bawah ini..

Cara Menghilangkan sakit di kepala secara alami

Ada beberapa cara ilmiah untuk menghilangkan gangguan pada kepala. Berikut penjelasannya.

1. Lakukan Relaksasi

Salah satu pemicu gangguan kesehatan di area kepala yaitu stres. Maka dari itu, melakukan relaksasi bisa menjadi solusi untuk menghilangkan gangguan kesehatan tersebut. Anda bisa melakukan meditasi dan mendengarkan musik pelan atau menikmati pemandangan yang membuat rileks dan sistem imun tubuh meningkat.

2. Gunakan Aromaterapi

Menghirup aroma terapi juga ternyata bisa meredakan rasa nyeri pada kepala. Beberapa aromaterapi yang bisa menjadi pilihan antara lain; lavender, papermint, atau aroma yang menenangkan lainnya.

3. Mandi Dengan Air Hangat

Ait hangat juga bisa mengurangi adanya tegang otot pada kepala dan tubuh. Mandi air hangat juga bisa membuat anda lebih segar.

Sakit Kepala Efek Vaksin

Pemberian vaksin covid-19 ternyata bisa menimbulkan beberapa efek samping. Salah satunya rasa sakit pada area kepala. dr. Talitha Nahmillah Sabtiari pada laman alodokter.com menjelaskan bahwa gangguan kesehatan sakit kepala efek vaksin ini merupakan hal yang wajar dan bisa mereda setelah konsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol. Namun jika rasa sakit tidak kunjung hilang, maka sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *