Anti Rayap: Obat, Cat, Kayu, dan Cairan Pembasmi Rayap

Anti Rayap: Obat, Cat, Kayu, dan Cairan Pembasmi Rayap
Anti Rayap: Obat, Cat, Kayu, dan Cairan Pembasmi Rayap
Siapa yang tidak kenal rayap?. Rayap adalah hewan serangga yang suka bersarang dan memakan pada perabotan rumah tangga yang berbahan kayu. Karena kesukaannya itu, Rayap kerap kali menimbulkan berbagai banyak kerugian bagi gaya hidup dan ketenangan penghuni rumah, terutama secara ekonomi. Sehingga banyak memunculkan alternatif obat Anti Rayap.

Pengertian Rayap

Nama lain rayap adalah semut putih atau anai-anai. Rayap sering hidup berkelompok dan menjadi bagian dari anggota infrado isoptera dan menjadi bagian dari ordo Blattodea.
Karena menjadi hama yang sangat mengganggu bagi kehidupan manusia, maka berbagai upaya dilancarkan agar dapat membasmi hama perabotan rumah ini. Penggunaan Cat kayu dan obat anti rayap kayu furnitur menjadi primadona untuk membasmi rayap.

Jenis Kayu Anti Rayap Terbaik

Kayu Senokeling

Karakteristik kayu ini identik dengan warna hitam keunguan juga memiliki stektur yang indah. Menariknya lagi, harga kayu senokeling ini terbilang sangat murah dan ekonomis.
Sehingga, bisa menjadi jalan keluar bagi anda  yang membutuhkan furnitur perabotan rumah tahan lama dengan dana yang terbatas.

Kayu Merbau

Secara kualitas, kayu merbau disebut mirirp-mirip dengan kualitas kayu jati. Jenis kayu merbau ini berhabitat dan cocok ditanam pada daerah hutan hujan tropis. Kayu Merbau memiliki ciri warna coklat kemerahan yang sangat khas. Selain itu, kayu ini juga memiliki tekstur yang kuat.
Sehingga, harga kayu merbau ini hampir sama dengan kayu jati, meskipun lebih murah. kayu merbau biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan perabotan rumah yang minimalis.

Kayu Ulin

Jenis kayu ini memiliki karakteristik dan ciri yang unik. Yakni, memiliki kulit yang licin dan tekstur kayu yang terasa sangat kasar. Dari segi bau kayunya, kayu ulin ini memiliki bau kayu yang khas dan akan sulit dipotong karena sifatnya yang keras.
Kayu ini lebih banyak ditemukan tumbuh hidup secara berkelompok di dalam hutan. Meskipun terkadang ada juga yang tumbuh berpencar di dalam hutan. Tumbuhan yang berasal dari kalimantan ini termasuk ke dalam flora Indonesia yang dilindungi.

Kayu Sengon

Kayu ini dikenal sebagai kayu yang sangat tahan terhadap rayap kayu. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemanfaatan kayu sengon untuk keperluan pembuatan peti kemas, papan partikel, danpapan lapis.
Kayu sengon memiliki karaktersitik yang kokoh dan mampu tumbuh paling cepat dan paling tinggi di dunia sampai dengan tinggi 7 meter.

Kayu Jati

Kayu ini menjadi kayu primadona diantara jenis kayu yang lain. Kayu jati dikenal sebagai kayu yang paling kokoh, tahan terhadap rayap, tahan jamur dan lapuk, serta tahan air.
Kayu jati sering dimanfaatkan sebagai furnitur rumah, meja, barang antik, dan barang berbahan kayu yang mewah lainnya. Karena kekuatannya, kayu jati menjadi kayu ayng paling mahal diantara berbagai jenis kayu yang lain.

Cat Kayu Anti Rayap

Untuk menambah perlingungan maksimal furnitur anda dari serangan rayap, anda juga perlu menyiapkan cat pelindung untuk furnitur di rumah anda. Di bawah ini adalah berbagai jenis dan merk cat yang bisa anda gunakan sebagai pelindung furnitur dari serangan rayap kayu dan tembok.

5 Jenis Cat Anti Rayap kayu

  1. Mowilex Woodstain
  2. Biovarnish
  3. Yoko High Gloss Enamel
  4. Avian High Gloss Enamel
  5. Lenkote Platinum Synthetic

Obat dan Cairan Anti Rayap

Selain pencegahan dengan menggunakan kayu dan cat yang anti rayap, anda juga bisa melakukan tindakan pembasmian dengan menggunakan obat maupun cairan anti rayap membandel yang bersarang di tembok maupun menggerogoti furnitur kayu anda. Berikut dibawah ini adalah obat pembasmi hama rayap yang bisa anda gunakan.

10 Obat dan Anti Rayap yang Cocok Untuk kayu dan Tembok

  1. Dust Termite
  2. Bayer Premise
  3. Bayer Agenda
  4. Bayer Cislin
  5. Termikon
  6. Latrex
  7. Bantrek
  8. Conant
  9. Basf Stealth
  10. Hogasan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *