Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Bola Voli Standar Internasional

permainan bola voli

Permainan bola voli adalah salah satu olahraga yang dimainkan secara beregu atau tim yang cukup populer di Indonesia. Olahraga ini dimainkan di semua level umur dan dipertandingkan dari tingkat junior di sekolah-sekolah hingga ke tingkat profesional. Berbeda dengan bola basket dan sepak bola yang memiliki teknik dasar yang lebih beragam, bola voli memiliki caranya sendiri untuk tetap menjadi olahraga yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Pokok bahasan yang akan kita bahas kali ini adalah ukuran lapangan, ukuran bola voli dan tinggi net bola voli.

permainan bola voli

Untuk menjadi pemain bola voli yang bagus, kita harus mengetahui semua aspek dasar terkait permainan ini. Salah satunya adalah tinggi net yang berbeda-beda di tiap kompetisi, di Indonesia dan Internasional memiliki standar yang berbeda tergantung pada tingkatan dari pemain dan peraturan kompetisi tersebut.

Jenis Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli

Lapangan bola voli terbagi menjadi dua yakni lapangan outdoor dan indoor. Untuk karakteristiknya tidak ada perbedaan yang mencolok selain ruangan yang tertutup atau yang biasa disebut dengan stadion atau gedung olahraga. Lapangan outdoor lebih sering kita temui untuk pertandingan-pertandingan non-formal seperti di sekolah-sekolah ataupun tempat latihan, sedangkan lapangan indoor banyak digunakan dipertandingan resmi dan kompetisi.

Namun keduanya harus memiliki satu karakteristik yang sama dari sisi lapangannya yakni harus datar, berbentuk horizontal, dan nyaman digunakan yakni menggunakan lantai semen atau yang lainnya. Sementara keunggulan utama dari lapangan Indoor adalah kecepatan angin yang jauh lebih rendah sehingga tak mengganggu permainan atau saat pemain memukul bola.

BACA JUGA  Sejarah dan Penemu Permainan Bola Voli - William G. Morgan

Ukuran Lapangan Bola Voli

Lapangan yang digunakan untuk pertandingan bola voli memiliki standar ukuran yang berbeda-beda. Di Indonesia, ukuran ini diatur oleh Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI), sedangkan untuk standar dunia atau Internasional diatur oleh Federation Internationale de Volleyball (FIVB) yang bermarkas di Lausanne, Swiss.

Untuk standar lapangan yang digunakan adalah:

  • Panjang lapangan bola voli memiliki ukuran panjang 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli memiliki ukuran 9 meter
  • Garis serang lapangan bola voli adalah 3 meter
  • Lebar baris dari lapangan voli setebal 5 centimeter
  • Area servis lapangan bola voli yakni 3 meter

Umumnya lapangan bola voli berukuran 18×9 meter membentuk persegi panjang dengan garis-garis lain yang ada didalamnya. Untuk lantai yang digunakan menggunakan warna yang disesuaikan, sementara garis-garisnya berwarna putih. Bahan yang digunakan untuk lantainya dapat terbuat dari semen, kayu atau bahan sintesis lainnya.

Tinggi Net Bola Voli

Net bola voli memiliki ukuran tinggi yang berbeda tergantung pada siapa yang bermain dan apa tingkatannya. Untuk pebola voli putera, tinggi net bola voli adalah 2.43 meter sedangkan untuk wanita 20 cm lebih rendah yakni 2.24 meter. Panjang net bola voli yakni 9 meter dengan lebar net selebar 1 meter.

Untuk tinggi antena net bola voli ini 0.8 meter atau 80 centimeter diatas net. Sedangkan untuk tinggi tiang net nya setinggi 2.55 meter dengan garis tepi sekitar 0.5 meter hingga 1 meter.

Pita tepian di atas net bola voli memiliki ukuran 5 cm dan pita tepian samping 5 cm. Sedangkan untuk mata jala net pada bola voli ini yakni sebesar 10 centimeter yang menyerupai persegi.

Ukuran Bola Voli

ukuran bola voli

Bola yang digunakan untuk bermain bola voli memiliki ukuran dan berat yang memiliki standar tersendiri. Selain itu bahan yang digunakan juga harus halus dan terbuat dari kulit sehingga tak membuat cedera pada tangan pemain.

BACA JUGA  Sejarah dan Penemu Permainan Bola Voli - William G. Morgan

Ukuran bola voli adalah sebagai berikut:

  • Diameter lingkaran bola voli 18-20 cm
  • keliling lingkaran bola voli 65-67 cm
  • Berat bola voli 260-280 gram
  • Tekanan udara bola voli 294.3-318,82 hPa

Itulah penjelasan lengkap terkait standar yang digunakna untuk lapangan dan bola pada permainan bola voli. Pastikan untuk terus mengunjungi situs Olahfisik.id untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar dunia olahraga terkini baik dari Indonesia maupun Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *