Sejarah dan Penemu Permainan Bola Voli – William G. Morgan

Sejarah dan Penemu Bola Voli

Permainan Bola Voli adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan beregu atau tim/kelompok. Permainan ini terbagi menjadi dua yakni bola voli pantai dan bola voli biasa yang dimainkan 6 orang. Olahraga ini termasuk kedalam salah satu permainan bola besar dengan mengandalkan Olah Fisik berupa tangan untuk memainkannya. Penemu Bola Voli berasal dari Amerika Serikat seperti halnya olahraga bola basket yang juga ditemukan di akhir abad ke-19. Sejarah bola voli ini cukup panjang dan masih berkaitan dengan permainan bola basket karena permainan ini terinspirasi dari cabor tersebut.

Sejarah Bola Voli

sejarah bola voli

Permainan bola voli ditemukan pada 9 Februari 1895 di Holyoke, Massachusetts, USA oleh seorang instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan di YMCA (Young Men’s Christian Association).Awalnya permainan ini diberi nama Mintonette dan bola voli masih sangat erat kaitannya dengan bola basket terutama karena Morgan dan James Naismith pernah bertemu untuk menciptakan olaharaga bola besar ini. Olahraga Mintonette diciptakan dari gabungan permainan lainnya seperti baseball, tenis, bola basket dan handball. Awalnya olahraga ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak muda, karena permainan ini tidak memiliki gerakan serumit bola basket.

Pada tahun 1896 terjadi perubahan nama dari Mintonette menjadi Volleyball (bola voli). Pertandingan pertama atas nama bola voli terjadi di International YMCA Training School. Pada tahun tersebut Dr Luther Halsey Gulick mengundang Morgan untuk mempertunjukkan permainan ini di stadion baru kampus. Pada awalnya jumlah pemain yang dibawa morgan adalah 5 pemain per tim atau total 10 pemain jika dua tim. Namun beberapa pihak meminta untuk menambah lebih banyak pemain yang terlibat dalam permainan tersebut. Dan pada akhirnya disepakati jumlah pemain untuk setiap tim yakni 6 pemain.

BACA JUGA  Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Bola Voli Standar Internasional

Penemu Bola Voli

Sejarah dan Penemu Bola Voli

William G. Morgan adalah pencipta permainan ini, selain karena terinspirasi dari bola basket, Morgan juga mendapat inspirasi dari permainan lain yakni tenis lapangan . “Dalam pencarian permainan yang seimbang, tenis sempat menarik perhatian saya. Namun, permainan tersebut membutuhkan bola, raket, net dan beberapa kelengkapan lainnya yang harus dipenuhi”. Ujar penemu bola voli, William G. Morgan

“Ide penggunaan net menarik perhatian saya. Kami akhirnya memutuskan untuk meninggikan net pada bola voli setinggi 198 cm, atau sedikit lebih tinggi dari rata-rata tinggi badan pria normal di Amerika Serikat” ujar Morgan lagi. Kemudian Morgan juga bereksperiman pada bola basket. Namun bola tersebut dinilai terlalu besar untuk dapat diimplementasikan pada permainan bola volinya.

Lantas Morgan mendatangi sebuah pabrik kecil di kota Massachusets, kemudian dia minta dibuatkan bola yang dimaksud untuk membuat bola voli. Terciptalah bola dengan berat 250-300 gram dengan diameter 25-27 inchi dengan bahan kulit yang ringan.

Morgan dan dua rekannya yakni Frank Wood dan John Lynch kemudian membahas peraturan apa saja yang cocok untuk diimplementasikan pada permainan bola voli ini. Kemudian mereka menghasilkan 10 aturan dasar bola voli yang menjadi dasar pembuatan permainan ini. Hasil dari peraturan tersebut kemudian didemonstrasikan di YMCA Springfield College. Permainan ini sebenarnya didesain untuk dimainkan di dalam ruangan, namun karena masih bisa dilakukan diluar ruangan, saat ini banyak sekolah-sekolah yang membuat lapangan bola voli secara outdoor.

Permainan Bola Voli Internasional

Pada tahun 1918, jumlah pemain bola voli ditetapkan menjadi 6 pemain per tim. Yang pada awal penciptaannya adalah 5 pemain per tim. Dan tiap tim yang bertanding maksimal hanya bolah mendapat 3 sentuhan bola dan peraturan tersebut masih berlaku sampai saat ini.

BACA JUGA  Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Bola Voli Standar Internasional

Memasuki abad ke-20 permainan bola voli semakin berkembang bukan hanya di negara asalnya Amerika Serikat, namun menjalar ke negara lain seperti Kanada, Meksiko, Eropa hinga Filipina dan Cina.

Pada tahun 1947 akhirnya federasi besar olahraga ini dibentuk yakni dengan nama Federation Internationale de Volleyball (FIVB) yang menjadi induk olahraga voli di seluruh dunia. Total ada 14 negara yang menjadi anggora pada saat itu yakni Amerika Serikat,, Perancis, Italia, Belanda, Polandia, Portugal, Rumania, Hungaria, Ceko, Yugoslavia, Mesir, Brasil, Belgia dan Uruguay. Kemudian pada tahun 1952 United States Volleyball Association (USVBA) menyarankan agar kata “volley ball” disambung menjadi satu kata saja yakni Volleyball untuk membuat citra dan brand permainan ini semakin unik.

Pada gelaran Olimpiadi 1964, olahraga bola voli ini akhirnya diikutsertakan. Pada saat itu tuan rmahnya adalah Jepang. Dan pada gelaran pertama tersebut dimenangkan oleh Amerika Serikat sementara Jepang yang menjadi tuan rumah memenangkan sektor putri.

Bola Voli semakin populer dari tahun ke tahun. Pada 1965 terciptalah Piala Dunia Bola Voli Putra untuk pertama kalinya, sedangkan untuk komperisi wanita petama kali digelar pada tahun 1973. Hingga saat ini banyak kejuaraan dunia bola voli yang menarik untuk diikuti.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan standar permainan bola voli adalah 9 meter x 18 meter. 9 meter merupakan lebarnya, sedangkan 18 meter merupakan panjang lapangan dengan garis serang berjarak 3 merter dari tengah. Garis tepi lapangan sepanjang 5 meter.

Ukuran Bola Voli

Bola voli memiliki ukuran standar keliling lingkaran 65-67 centimeter dengan berat 260-280 gram. Tekanan dalam bola ini memiliki ukuran standar 0.30-0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 hPa)

BACA JUGA  Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Bola Voli Standar Internasional

Tinggi Net Bola Voli

Ukuran tinggi net bola voli putra adalah 2.43 meter dan untuk net putri 2.24 meter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *