5 Hal Penting Sebelum Tanya Jawab Dokter Kulit dan Kelamin Online

5 Hal Penting Sebelum Tanya Jawab Dokter Kulit dan Kelamin Online
5 Hal Penting Sebelum Tanya Jawab Dokter Kulit dan Kelamin Online (pixabay)

Tanya jawab dokter kulit dan kelamin online seringkali banyak dipilih. Pasalnya banyak orang yang malu atau segan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kulit dan kelamin. Padahal jika terjadi masalah yang berhubungan dengan kulit dan kelamin, penting untuk melakukan konsultasi. Sebab kondisi masalah kesehatan yang dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kondisi kesehatan dan sistem imun yang semakin parah.

Dokter kulit dan kelamin adalah dokter spesialis yang memiliki tugas untuk melakukan diagnosis dan menangani masalah kulit dan kelamin. Termasuk masalah yang terdapat di rambut, kuku, lapisan dalam mulut, hidung, dan kelopak mata. Dokter spesialis ini ada disetiap rumah sakit. Jika Anda memiliki masalah terkait kulit dan kelamin, maka Anda dapat berkunjung langsung ke rumah sakit tersebut.

Bacaan Lainnya

Tak hanya di rumah sakit, dokter kulit dan kelamin juga bisa dijumpai di klinik pribadi. Karena banyak dokter spesialis ini yang membuka praktik sendiri. Meskipun demikian, ternyata masih banyak orang yang merasa kesulitan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis ini. Alasannya cukup banyak, mulai dari rasa segan, biaya mahal, tidak memiliki banyak waktu luang, hingga akses yang sulit.

Sebagai solusinya, kini hadir layanan tanya jawab dokter kulit dan kelamin online melalui berbagai aplikasi telemedicine. Namun apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan konsultasi online? Berikut ini penjelasannya.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Tanya Jawab Dokter Kulit dan Kelamin Online

Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berkonsultasi online dengan dokter kulir dan kelamin.

  1. Ketahui seluruh perbuahan dan masalah yang terjadi di kulit Anda. Termasuk tahi lalat yang bentuknya tidak normal, benjolan, serta perubahan waktu pada kulit.
  2. Catat seluruh pertanyaan yang ingin Anda sampaikan.
  3. Siapkan hasil pemeriksaan sebelumnya apabila Anda pernah melakukan pemeriksaan untuk masalah serupa.
  4. Catat seluruh obat dan suplemen yang sedang Anda konsumsi atau pernah dikonsumsi.
  5. Foto komposisi produk perwatan kulit yang Anda gunakan baik sabun badan, sabun waah, body lotion, skincare, dan beberapa produk lainnya.

Aplikasi Tanya Jawab Dokter Kulit dan Kelamin Online

Bagi Anda yang belum pernah melakukan konsultasi dengan dokter secara online, tidak perlu khawatir. Sebab kini sudah banyak website atau aplikasi yang dapat digunakan untuk tanya jawab dokter kulit dan kelamin online. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk konsultasi dengan dokter secara online.

1. Tanya Jawab Dokter Kulit dan Kelamin Online SehatQ

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk tanya jawab dokter kulit dan kelamin online yaitu SehatQ. Anda bisa mengunduh aplikasi atau bisa mengunjungi laman sehatq.com. Melalui website resminya itu, Anda juga bisa melihat beberapa pertanyaan orang lain kepada dokter ahli. Jadi sebelum bertanya langsung, Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah sudah pernah ada pertanyaan serupa atau belum.

2. Aplikasi Kesehatan Lain

Selain SehatQ, ada banyak juga aplikasi Forum Kesehatan yang bisa digunakan untuk berkonsultasi prihal masalah kulit dan kelamin. Di aplikasi ini ada lebih 500 dokter ahli yang siap menjawab pertanyaan Anda kapan saja. Anda juga bisa membaca berbagai informasi seputar kesehatan yang lengkap dan mudah dipahami.

Kemudian ada juga aplikasi telemedicine yang menyediakan fitur untuk konsultasi dengan dokter secara online. Konsultasi dapat dilakukan melalu chatting, voice call, atau video call. Di aplikasi ini tersedia banyak dokter ahli dibidangnya yang bisa menjawab pertanyaan 24 jam. Tak hanya untuk konsultasi, Anda juga bisa membeli obat secara online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *