Softball: Sejarah Dan Cara Bermaian Permainan Softball

Softball adalah
Softball adalah

Softball adalah jenis permainan yang banyak dimainkan oleh berbagai golongan. Permainan ini memiliki aturan yang cukup sederhana. Permainan beregu ini termasuk dalam kategori permainan bola pukul.

Sofbol dimainkan oleh 2 regu di mana masing-masing regu terdiri dari 9 orang. Softball dimainkan dalam 7 inning. Setiap regu mendapatkan giliran sebagai pemain menyerang dan bertahan sebanyak 7 kali. Pergantian antara pemain menyerang dan bertahan akan dilakukan jika regu bertahan dapat mematikan 3 pemain dari regu penyerang.

Bacaan Lainnya

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Softball

Sejarah Permainan Softball

Permainan softball diciptakan oleh George Hancock, seorang kebangsaan Amerika pada tahun 1887. Permainan ini awalnya hanya untuk hiburan semata dan dimainkan di lapangan tertutup. Sejak kehadirannya, permainan ini mulai banyak diminati karena berbeda dengan permainan baseball.

Pada tahun 1906, Lewis Robert menyusun beberapa peraturan untuk permainan sofbol. Setelah itu softball mengalami perkembangan yang pesat dan pada tahun 1916 peraturan permainan ini disempurnakan. Softball telah menjadi nama resmi untuk permainan ini sejak tahun 1933. Pada tahun 1934 dibuat aturan bersama untuk memberikan standarisasi permainan ini.

Pada tahun 1946, terjadi banyak perubahan aturan dalam softball meliputi jumlah pemain di setiap tim yang awalnya dari 10 pemain menjadi 9 pemain. Saat itu pemain ke-10 adalah shortfielder yang bertugas sebagai penjaga area dangkal bagian outfield di belakang infield. Pada tahun 1950 jarak home plate dan pitcher’s plate ditambah untuk putra yang awalnya 43 ft ke 46 ft.

sofbol mulai dimainkan di outdoor sejak awal abad 20. Pada tahun 1908 organisasi amatir permainan sofbol mengatur permainan ini untuk dimainkan menggunakan bola yang berukuran lebih besar dan permainan dilakukan di luar ruangan. Kongres Rekreasi Nasional pada tahun 1923 mencoba membuat standar untuk olahraga ini, Nama softball mulai digunakan pada tahun 1926 meskipun belum resmi.

Olahraga softball pertama kali muncul dalam kejuaraan dunia pada tahun 1933 di Chicago, AS di bawah naungan Asosiasi Softball Amatir Amerika. Sejak populer di AS, olahraga ini kemudian berkembang ke Kanada. Dari sanalah sofbol berkembang ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, softball mulai masuk dalam pertandingan pada tahun 1967. Sejumlah perkumpulan pun sepakat untuk membentuk induk organisasi softball yang dinamai dengan PERBASASI. Pada tahun 1973, sofbol pertama kali dipertandingkan secara nasional yakni dalam ajang PON VIII.

Perlengkapan Softball

Softball adalah permainan yang memerlukan beberapa perlengkapan yang wajib. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut

Lapangan Softbal

Softbal dimainkan di lapangan berbentuk persegi dengan panjang 60 ft (18,3 m). Lapangan softball putra dan putri memiliki bentuk yang sama. Perbedaanya adalah jarak home base dengan pitcher plate. Untuk putra jaraknya adalah 46 ft (14,03 m) sedangkan putri jaraknya 40 ft (12,2 m)

Home Plate

Tempat berkumpulnya para pemain dalam satu regu yang berbentuk segi lima. Home plate biasanya terbuat dari karet.

Base (Titik Hinggap)

Ada 3 base dalam permainan softball. Semua base berbentuk bujur sangkar terbuat dari karet.

Bola

Penggunaan bola untuk softball terbuat dari kulit yang di dalamnya berisi campuran karet dan gabus. Bola tersebut memiliki keliling sekitar 28-30,5 cm.

Glove (Sarung Tangan)

Semua pemain di lapangan wajib memakai glove. Glove terdiri dari 3 jenis yaitu finger glove, catcher glove, dan first base mills. Finger glove adalah sarung tangan yang wajib dipakai oleh semua pemain. Catcher glove adalah sarung tangan khusus untuk catcher. Frist base mills adalah sarung tangan untuk penjaga base pertama.

Glove untuk softball terbuat dari bahan kulit dna agak tebal. Sarung tangan tersebut memiliki anyaman di antara jempol dengan jari yang lain. Berat sarung tangan tersebut sekitar 283 gram.

Stik (Alat Pemukul)

Pemukul terbuat dari kayu atau material lain seperti plastic, aluminium, fiber glass, dan karbon.

Seragam

Wasit mengenakan seragam atasan berwarna biru laut dengan celana berwarna biru tua. Pemain mengenakan kaus dengan nomor punggung dan nomor dada serta celana panjang. Catcher wajib memakai masker pelindung saat pitcher melempar bola pada batter. Catcher wanita wajib memakai body protector.

Cara Bermain Softball

Bola sofbol dipukul menggunakan bet atau alat pukul. Pemain yang melempar bola bertugas di tengah lapangan dan anggota regunya juga bertugas di 3 home base, 1 di home plate, dan 4 di luar lapangan. Pemain pemukul harus mengelilingi ketiga base sebelum bola mengenai base tersebut. Dalam permainan ini pemukul bisa menolak bola yang dilempar oleh pitcher jika dianggap kurang sesuai.

Demikian sedikit penjelasan mengenai permainan softball. Dari penjelasan tersebut tentu dapat dipahami bahwa sofbol adalah jenis olahraga yang memiliki sejarah panjang. Permainan ini dapat dimainkan siapa saja tanpa memandang usia baik laki-laki maupun perempuan. Untuk memainkan permainan ini juga tidak perlu lapangan yang luas. Selain itu permainan ini juga dapat dilakukan di lapangan indoor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *