Teknik Dasar Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola

teknik menggiring bola

Permainan sepakbola memiliki beragam teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain yang bertanding di lapangan. Olahraga yang memiliki sebelas pemain dalam satu tim ini mengenal berbagai istilah yakni menembak bola, menggiring bola, dan mengumpan bola. Satu teknik yang paling penting dan harus dikuasai oleh semua pemain adalah teknik menggiring bola.

teknik menggiring bola

Teknik ini lebih sering digunakan sama halnya seperti teknik mengumpan atau passing bola. Saat bola dikuasai, sang pemain akan memilih apakah bola tersebut harus dikuasai lebih lama dengan cara menggiringnya, atau langsung melakukan aksi seperti mengumpan ke rekan tim dan menembak bola ke arah gawang lawan.

Setiap tim memiliki strategi permainan yang berbeda-beda, dan setiap tim punya ritme/tempo serangan yang mengikuti strategi pelatih. Saat menggiring bola, artinya tim memiliki lebih banyak waktu untuk menentukan strategi serangan yang tepat. Dan terkadang dribbling atau menggiring bola ini juga dilakukan untuk menerobos barisan pertahanan lawan dan memecah konsentrasi pertahanan. Oleh karena itu pemain dengan skill dribbling yang bagus akan sangat menguntungkan tim dalam membangun serangan yang lebih efektif dan mematikan.

3 Teknik Dasar Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola

Ada tiga teknik dasar utama untuk menjadi seorang dribbler yang bagus, ketiganya menggunakan teknik kaki dengan tumpuan dribbling kaki terkuat. Rata-rata pesepakbola menggunakan kaki kanan untuk menendang dan menggiring bola, namun untuk para pemain kidal, kaki kiri juga sama baiknya dan cenderung lebih sulit untuk diantisipasi. Namun meski demikian, kaki yang lemah juga harus memiliki kemampuan yang baik untuk mengimbangi kaki terkuat dalam dribbling. Pasalnya, dribbling biasanya juga melibatkan kaki lain untuk membuat gerakannya sulit diantisipasi. Berikut tiga teknik dasar menggiring bola:

BACA JUGA  Formasi Sepak Bola: 5 Bentuk Formasi dan Strategi

Menggiring Bola dengan Kaki Luar

Menggiring bola menggunakan kaki luar sangat sering kita lihat di berbagai pertandingan sepakbola profesional. Umumnya teknik ini digunakan untuk dribbling dengan kecepatan tinggi sehingga bola dapat melaju lebih cepat ke arah yang ditentukan. Bola yang dikenai oleh kaki tak boleh diluar kontrol, artinya setiap sentuhan harus memiliki jarak yang bisa dikuasai di sentuhan berikutnya. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Sikap awalannya adalah berdiri dengan tubuh dan pandangan fokus ke arah depan
  • Letakkan tangan pada sisi kanan-kiri untuk mengimbangi gerakan atau menjaga dari upaya pengambilalihan posisi oleh lawan
  • Putar kaki ke arah dalam, dan dorong bola menggunakan bagian luar kaki perlahan ke arah depan dengan kecepatan yang disesuaikan
  • Untuk gerakan akhiran, dapat dilakukan dengan telapak kaki dengan menempatkannya di atas bola

Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Dribbling pendek dua kaki sering dilakukan dengan menggunakan teknik ini, pemain legendaris seperti Lionel Messi dan Maradona adalah dua pemain yang paling sering mempraktikan dribbling menggunakan kaki bagian dalam. Perbedaannya dengan kaki bagian luar yakni posisi bola yang dikontrol berada dalam area kaki, sehingga jika sang pemain menguasai teknik ini maka akan sangat sulit untuk bola tersebut direbut lawan. Cara melakukan dribbling bola menggunakan kaki dalam adalah sebagai berikut:

  • Sikap berdiri, agak condong kedepan dengan fokus pandangan pada bola dan sebagian kearah depan
  • Gunakan kedua tangan untuk melindungi area tubuh dari upaya perebutan bola dari musuh, gerakan tangan dapat mengimbangi posisi kaki saat dribblng
  • Putar kaki kearah luar dan mulai lakukan dribbling lurus kedepan
  • Saat ingin mengubah arah, gunakan ujung kaki untuk memutar arah bola atau menghentikan bola
  • Untuk mengakhiri gerakan, hentikan bola menggunakan telapak kaki tepat diatas bola
BACA JUGA  Apa Tujuan Permainan Sepak Bola ?

Menggiring Bola dengan Punggung Kaki

Sering melihat pemain seperti Gareth Bale menggiring bola dengan kecepatan tinggi mengarah ke pertahanan lawan? Itulah salah satu contoh penggunaan punggung kaki untuk dribbling. Dengan menggunakan punggung kaki, gerakan bola akan semakin cepat untuk digiring ke arah yang ditargetkan. Namun tentu untuk menggunakan ini pastikan area yang akan dilalui aman, atau minim upaya serobotan dari tim lawan. Untuk melakukannya yakni sebagai berikut:

  • Posisi berdiri badan tegap dan pandangan lurus kedepan
  • Posisi bola tepat berada didepan pemain dengan pengenaan punggung kaki di kaki yang terkuat
  • Gerakan tangan menyeimbangkan badan dan mengikuti ritme kaki
  • Dorong bola kedepan, lebih jauh dari dribbling biasa, dan kejar bola tersebut kemudian dorong lagi dan seterusnya
  • Pastikan untuk bola agar terus mengarah lurus kedepan sehingga mudah untuk dikuasai
  • Pandangan harus mengarah ke target yakni lurus dan fokus kedepan

Itulah tiga teknik dasar menggiring bola menggunakan beberapa posisi kaki yakni bagian dalam, luar dan punggung kaki. Untuk membuat giringan bola anda menjadi lebih sulit untuk diantisipasi, pastikan anda menguasai ketiganya dan praktikan di situasi yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *