Teknik Dasar Menendang Bola dalam Permainan Sepak Bola

teknik dasar menendang bola

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh sejuta umat, olahraga ini menjadi olahraga yang paling sering dimainkan di seluruh dunia. Serta menjadi acara sport hiburan di televisi-televisi nasional yang menampilkan beragam kompetisi mulai dari di dalam negeri maupun di liga-liga eropa. Dalam sepakbola, kita mengenal berbagai macam teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain bola agar bisa memainkan pertandingan dengan baik. Teknik dasar menendang bola adalah salah satu yang paling utama ketimbang teknik lain seperti mengumpan, menggiring, dan mengontrol bola.

teknik dasar menendang bola

Cara menendang bola yang baik dan benar ada aturannya, seperti pada cabang olahraga lainnya yang memiliki teknik khusus untuk para pemain dapat menguasainya. Olahraga ini juga memiliki ketentuan dan aturan yang sama dengan media yang berbeda yakni menggunakan kaki.

Pemain sepakbola profesional umumnya sudah sangat fasih menguasai teknik dasar menendang bola ini sehingga ketika kita lihat permainannya, mereka sepertinya tak terlalu sering melihat bola namun lebih ke target yang ingin mereka sasar yakni gawang atau rekan tim yang akan diberi umpan. Sementara untuk pemula, menendang bola dengan cara yang salah akan mengakibatkan tendangan tidak akurat, kurang power, dan mudah diantisipasi.

Macam Macam Teknik Dasar Menendang Bola

Menendang bola dapat dilakukan menggunakan kaki kanan atau kaki kiri tergantung pada kekuatan kaki yang dimiliki oleh pemain tersebut. Namun bagian-bagian kaki memiliki power khusus sehingga ketika ingin menendang bola dengan target tertentu, maka sebaiknya dilakukan dengan menggunakan bagian kaki tertentu. Berikut adalah 4 macam teknik dasar menendang bola pada permainan sepak bola:

BACA JUGA  Apa Tujuan Permainan Sepak Bola ?

Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik ini paling sering dilakukan dalam sebuah pertandingan, persentasenya lebih dari 90% dari semua tendangan. Kaki bagian dalam biasanya digunakan untuk menendang bola yang mengarah ke target yang dekat, serta lebih mementingkan akurasi dalam kecepatan bola tertentu.

Biasanya digunakan sebagai umpan pendek ke rekan setim atau umpan panjang dengan akurasi yang telah ditentukan. Menggunakan kaki bagian dalam sangat menguntungkan, karena bola dapat dikontrol lebih baik ketimbang bagian lainnya. Cara melakukan tendangan menggunakan kaki bagian dalam adalah sebagai berikut:

  • Posisi badan berdiri tegap dan melihat ke arah target (gawang/rekan tim)
  • Buka kaki agar bagian dalam kaki terkuat memiliki ancang-ancang untuk menendang
  • Miringkan badan ke arah depan dan ayunkan kaki dari belakang kedepan
  • Posisi tangan mengikuti arus gerakan, lakukan dengan seirama
  • Tendang bola menggunakan kaki dalam bagian tengah dengan power yang disesuaikan dengan target
  • Ayunkan kaki kedepan dan tarik kebelakang setelah bola berhasil ditendang

Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar

Kaki bagian luar dalam permainan sepakbola biasanya digunakan untuk mengoper jarak pendek atau melakukan tendangan melengkung ke arah luar. Pemain profesional sering juga menggunakan kaki bagian luar untuk tendangan keras ke arah gawang secara melengkung. Untuk melakukannya, caranya adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dalam posisi tegap dan memiliki keseimbangan yang baik
  • Bola yang akan ditendang berada dekat dengan kaki, kemudian badan dicondongkan kearah depan untuk kemudian bersiap melakukan tendangan
  • Ayunkan kaki dari belakang ke arah depan dengan diikuti gerakan tangan yang mengayun seirama
  • Bila tendangan dimaksudkan untuk mengoper, maka lakukan dengan pelan baik bola datar ataupun bola tinggi
  • Bila tendangan dimaksudkan untuk mencetak angka (skor), maka lakukan dengan sepenuh tenaga dengan target yang sudah disesuaikan.
  • Usahakan lengkungan bola sudah diperkirakan dengan target, lengkungan bola akan mengarah ke sisi luar
BACA JUGA  Teknik Dasar Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola

Menendang Bola dengan Punggung Kaki

Dalam sepakbola, punggung kaki sangat berguna untuk tendangan-tendangan keras menghujam ke arah gawang seperti tendangan voli, tendagan lurus kedepan, dan tendangan menukik kebawah. Tendangan menggunakan punggung kaki sangat bertenaga, sehingga sering dijadikan sebagai senjata untuk mencetak angka. Untuk cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Bola berada tepat dibawah kaki dengan badan yang dicondongkan kearah belakang
  • Posisi badan adalah miring kedepan untuk bola yang sudah terlebih dahulu dikuasai, sementara untuk bola liar posisi badan menyesuaikan dengan arah datangnya bola
  • Tarik kaki kearah belakang setinggi-tingginya, kemudian ayunkan dengan kencang ke arah bola
  • Gunakan punggung kaki untuk menendang bola tersebut, dan arahkan ke target dengan kekuatan penuh

Menendang Bola dengan Punggung Kaki Bagian Dalam

Menendang bola dengan cara ini hampir sama dengan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, hanya saja pada bagian ini pengenaan bola tepat berada di punggung kaki yang sedikit kedalam. Teknik ini biasanya dilakukan untuk tendangan keras yang dilengkungkan ke arah dalam. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Posisi badan sorong sekitar 40 derajat dari garis lurus bola dengan kaki bertumpu disamping bola sekitar 30 cm dengan ujung kaki
  • Kaki yang digunakan untuk menendang bola memiliki sudut 40 derahat dari luar. Kaki ditarik kebelakang dan diayunkan kedepan mengenai punggung kaki yang lebih dalam
  • Lepaskan bola dan ayunkan kaki kedepan secara keras sehingga menghasilkan tendangan yang bertenaga
  • Pastikan bola yang ditendangkan mengenai sasaran baik gawang lawan ataupun rekan tim yang jauh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *