Formasi Sepak Bola: 5 Bentuk Formasi dan Strategi

Formasi Sepak Bola: 15 Bentuk Formasi dan Strategi

Formasi Sepak Bola adalah sebuah barisan atau susunan pemainan di dalam olahraga ataupun pertandingan bola. Bukan hanya mengenal teknik dasar permainan sepak bola. Tapi penting juga untuk kita mengetahui dan mengenal formasi sepak bola yang paling umum, sering digunakan, dan tentunya yang terbaik. Sebuah formasi sepak bola juga menjadi kunci yang sangat penting. Penting untuk menentukan suatu keberhasilan sebuah tim apakah akan menang atau tidak.

Meskipun di dalam sebuah tim mereka memiliki pemain – pemain yang unggul dan handal, namun jika memilih formasi yang tidak tepat maka akan berakibat buruk dan kemungkinan bisa menjadi kalah dalam pertandingan. Karena, formasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat mempengaruhi kemenangan maupun kekalahan dari sebuah tim. Jadi itulah pentingnya kita untuk mempelajari formasi sepak bola sebelum mulai bermain, apalagi bagi kamu pecinta sepak bola yang ingin menjadi pemain profesional.

Formasi 4-2-4

Formasi 4-2-4 ini adalah formasi yang berasal dari inggris dan akhirnya banyak diaplikasi pada permainan ataupun pertandingan sepak bola. Formasi ini juga mendapat penghormatan dari Negara Brasil karena dengan penerapan dan memakai formasi ini, tim Nasional Sepak Bola Brasil menjadi juara dunia pada tahun 1958.

Formasi Sepak Bola 4-2-4
Formasi Sepakbola 4-2-4

Penerapan formasi ini adalah dengan pertahanan yang kuat. Yakni dengan 4 pemain belakang dan 2 pemain belakang tengah berdampingan untuk bermain secara diagonal. Dan salah satu pemain belakang tengah akan maju saat timnya menyerang lawan.

Lalu, pemain bek kanan dan kiri akan memperoleh bantuan dari teman yang menjadi pemain belakang tengah. Penyerangan juga dapat dibantu oleh masing – masing bek dan ditentukan juga penyerangan mau dilakukan dari sisi yang mana.

BACA JUGA  Teknik Dasar Menendang Bola dalam Permainan Sepak Bola

Untuk pemain gelandang atau lapangan tengah, perlu menjelajah lapangan luas. Dan tugas kedua pemain gelandang ini adalah membangun serangan dan sekaligus bertahan disaat tim nya sedang diserang oleh lawan.

Dan 4 pemain penyeranglah yang akan berperan untuk menyerang lawan dan 2 pemain sayap membangun serangan mulai dari garis tengah lapangan. 2 pemain penyerang yang berada di bagian tengah adalah ujung ujung tombak tim yang tugas lainnya adalah menjadi pembuka celah untuk pemain dari timnya yang berada di lapangan tengah melakukan penyerangan.

Formasi 4-4-2

Pada formasi 4-4-2 ini adalah terdiri dari 4 pemain belakang atau bek, 4 pemain tengah dan 2 orang penyerang. Tim Indonesia sering menggunakan formasi ini, apalagi ketika sedang dalam pertandingan internasional. Ada banyak kelebihan dalam menggunakan formasi ini, meskipun ada beberapa kekurangan lainnya.

Formasi Sepak Bola 4-4-2
Formasi Sepakbola 4-4-2

Bukan hanya Indonesia yang sering menggunakan formasi ini, namun klub – klub besar seperti klub sepak bola Spanyol. Formasi ini fokus pada permainan sepak bola dengan penyerangan yang menjadi peran adalah bagian sayap. Pencetakan gol justru dihasilkan dari assist dan umpan lambung.

Formasi 4-5-1

Formasi sepak bola ini, diketahui oleh para pemain sepak bola sebagai formasi bertahan dan pelatih akan memberlakukannya ketika ingin bermain aman. Karena ketika tim kita sudah mencetak banyak gol, tim lawan akan melakukan penyerangan dan yang perlu dilakukan oleh tim kita adalah bertahan.

Formasi Sepak Bola 4-5-1
Formasi Sepakbola 4-5-1

Formasi ini bukan hanya untuk bertahan, tapi juga untuk menyerang balik jika ada kesempatan. Formasi 4-5-1 ini mirip seperti formasi 4-1-4-1 dan memiliki tujuan yang sama yaitu bertahan. Posisi formasi ini, susunannya adalah 4 bek, kemudian 5 gelandang dan penyerang 1 pemain yang berada di depan sebagai target Man.

BACA JUGA  Teknik Dasar Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola

Formasi 5-3-2

Formasi yang mengutamakan pertahanan lainnya adalah formasi sepakbola 5-3-2. Di dalam formasi ini angka 5 yang digunakan disini sebetulnya hanya memakai 3 bek yang sejajar di belakang. Untuk pemain gelandang bersiap di kanan dan kiri untuk bertahan. Posisi tersebut biasanya akan diisi oleh wing bek.

Formasi Sepak Bola 5-3-2
Formasi Sepakbola 5-3-2

Untuk peran 1 pemain gelandang adalah untuk bertahan dan 2 gelandang akan ikut menyerang dengan posisi di tengah. Posisi 1 gelandang yang bertahan akan disejajarkan dengan 2 gelandang yang nantinya bertugas untuk bertahan di sisi kiri kanan. Dan untuk 2 penyerang, akan selalu berada di depan untuk memasuki area pertahanan lawan.

Formasi 5-4-1

Formasi ini yang paling diandalkan adalah defense dan selalu harus siap dalam kondisi untuk serangan balik. Ada 2 wing bek yang maju ketika melakukan serangan balik bersama dengan 2 pemain tengah, dimana tugasnya adalah sebagai pemberi umpan kepada target Man.

Formasi Sepak Bola 5-4-1
Formasi Sepakbola 5-4-1

Target Man yang dipilih juga bukan sembarang, ia harus memiliki kelincahan, kecepatan dan juga bersifat kerja keras agar umpan dapat dikejar sekaligus berduel dengan bek lawan. Pada pertandingan Piala Dunia 2010 Yunani mengaplikasikan formasi ini untuk melawan Argentina.

Itulah beberapa informasi penting mengenai formasi sepak bola terbaik yang perlu kamu tahu dan formasi – formasi ini kerapa digunakan oleh para pelatih sepak bola di seluruh dunia. Dan bagi kamu yang memiliki cita – cita dan minat tinggi untuk menjadi pemain sepak bola profesional, kamu perlu mengenal setiap formasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *