Jenis dan Macam Macam Permainan Bola Kecil

Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil merupakan salah satu cabang besar dari olahraga yang menggunakan bola dengan berukuran yang lebih kecil dari olahraga bola lainnya. Biasanya membutuhkan peralatan lain agar permainan ini dapat dijalankan seperti raket, tongkat dan yang lainnya. Jika dilihat dari ukurannya, perbedaan utama permainan bola kecil dan besar terletak pada diameter bola yang digunakan. Bola besar umumnya berukuran melebihi kepalan tangan seperti bola basket, sepak bola, bola voli, futsal, bowling, polo air dan rugby. Sedangkan bola kecil membutuhkan peralatan khusus agar permainan bisa berjalan.

Permainan bola kecil tak hanya menjadi olahraga atau kompetisi sampingan saja, namun lebih dari itu olahraga ini juga sangat digemari diseluruh belahan dunia. Sehingga banyak federasi yang menaungi dan mencari bakat-bakat barunya. Permainan bola kecil juga sudah rutin dilombakan di olimpiade dan beberapa negara yang ambil bagian menjadi sangat antusias karena beberapa negara memiliki potensi bakat yang besar pada permainan ini.

Pengertian Permainan Bola Kecil

Sesuai dengan namanya, permainan bola kecil adalah suatu cabang olahraga yang dimainkan menggunakan media bola yang berukuran kecil dengan tambahan alat lainnya serta peraturan yang mengikat. Permainan bola kecil sangat digemari di banyak negara bahkan menjadi icon dari negara tersebut.

Sejarah Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil sudah ada sejak abad ke 19 dimana saat itu banyak olahraga baru juga tercipta di abad yang sama seperti sepakbola, bola voli, renang dan bola basket. Di masa tersebut olahraga ini menjadi alternatif selain memainkan permainan bola besar.

Jenis dan Macam-Macam Permainan Bola Kecil

Ada beragam jenis permainan bola kecil yang bisa anda pelajari dan mainkan di gedung olahraga maupun di lapangan terbuka. Beberapa yang terkenal diantaranya:

Baseball (Bola Kasti)

Permainan Bola Kecil

Baseball atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Bisbol atau Bola Kasti adalah olahraga yang dimainkan secara tim, dengan dua tim yang beradu dengan mengikuti aturan main tertentu. Dalam baseball ada yang disebut sebagai pitcher (pelempar) dan batter (pemukul) dari pihak lawannya. Olahraga ini menggunakan sejenis tongkat pemukul yang disebut sebagai bat dan bola baseball berukuran segempal tangan.

Aturan bermainnya cukup sederhana yakni tim yang melempar bola akan berusaha menangkap bola yang dipukul oleh batter lawan. Tim yang memukul akan mendapatkan angka jika mereka berlari berlawanan dengan arah jarum jam untuk pulang ke base atau home plate.

Lapangan dari baseball memiliki jarak base sekitar 27,432 meter, dengan lapangan berbentuk busur sangkar. Tongkat baseball berbentuk silinder panjang yang terbuat dari kayu yang halus. Peraturan permainan ini dikembangkan di amerika serikat, tim baseball yang paling terkenal adalah New York Yankees.

Bilyard

Biliar atau bola sodok adalah olahraga yang memiliki ciri khas dengan 8-9 bola warna-warni dan tongkat untuk menyodok bola masuk ke setiap lubang yang berada pada sisi meja biliar. Olahraga ini membutuhkan konsentrasi tinggi serta akurasi dan strategi untuk dapat menghabiskan bola-bola yang menjadi gilirannya.

Tujuan permainan ini adalah menghabiskan jumlah bola yang menjadi hak dari pemain, serta memasukan satu bola terakhir yang biasanya ditandai dengan warna yang berbeda. Bilyard ini terbagi menjadi beberapa jenis yakni Carom, English Biliard dan Pool yang memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Di Indonesia, permainan biliar yang paling berkembang adalah jenis Pool yang terbagi atas beberapa nomor seperti bola 8, bola 9, dan bola 15. Permainan ini mudah ditemukan di pusat kota, dan menjadi hiburan orang-orang yang suka dengan permainan konsentrasi namun seru.

Golf

Golf adalah olahraga yang membutuhkan area yang sangat luas dengan lapangan golf sebagai media untuk menyalurkan hobi dari permainan ini. Golf selalu dilakukan di luar ruangan dan memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke lubang-lubang yang telah ditentukan. Permainan ini membutuhkan tongkat pemukul atau yang sering disebut dengan stick golf.

Permainan Golf membutuhkan padang golf yang benar-benar terawat, tak heran permainan ini membutuhkan biaya untuk dapat menikmatinya. Desain dari padang golf biasanya bervariasi, dan cenderung memiliki keunikan dari satu lapangan ke lapangan lainnya.

Lubang-lubang yang digunakan sebagai tujuan memasukkan bola biasanya disebut sebagai hole, total ada 9-18 hole yang tersedia di lapangan golf. Permainan ini menjadi salah satu yang paling atraktif di jaman sekarang untuk dimainkan.

Tenis Lapangan

Tenis adalah permainan lapangan yang bisa dimainkan dalam mode singel (satu lawan satu) atau ganda (dua lawan dua) yang menggunakan raket besar dengan bola tenis sebagai inti permainan. Tujuan permainan ini adalah meraih angka sebanyak-banyaknya dengan cara menghentikan lawan untuk mengembalikan bola serangan yang telah dipukulkan.

Tenis telah menjadi olahraga yang sangat diminati sejak sangat lama, dan kejuaraan-kejuaraan tenis selalu riuh dengan penonton dan sponsor. Lapangan tenis berbentuk persegi panjang dengan menggunakan berbagai macam kontur seperti lapangan rumput, tanah liat, dan semen. Setiap jenis lapangan ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Tenis Meja

Tenis Meja adalah salah satu permainan yang menggunakan raket dan sering disebut dengan ping pong. Metode permainannya sangat mirip dengan tenis lapangan, namun perbedaannya adalah permainan yang satu ini menggunakan media meja sebagai dasar permainannya.

Raket yyang digunakan memiliki lapisan karet sehingga bola akan memantul lebih maksimal, permainan ini sangat terkenal dan banyak dimainkan di China.

Kricket

Kriket adalah permainan yang dilakukan secara tim yang masing-masing tim memiliki 11 pemain. Kriket merupakan permainan yang sangat populer di negara-negara persemakmuran Inggris seperti Australia, Afrika Selatan dan Selandia Baru. Sementara di negara-negara Asia Selatan seperti India dan Pakistan, permainan ini menjadi yang nomor satu.

Kriket sekilas mirip Baseball namun yang menjadi pembeda adalah tongkat pemukulnya bernama bat, dan emnggunakan bola. Tujuan permainan ini adalah mencetak sebanyak mungkin run (angka) dari tim lainnya. Permainan ini bisa berlangsung sangat lama hingga berhari-hari untuk menuntaskan satu permainan.

Hockey

Hockey atau dalam bahasa Indonesianya Hoki adalah permainan yang memiliki unsur kemiripan dengan sepak bola namun menggunakan media berupa tongkat untuk menggiring, mengumpan, dan mencetak angka ke gawang. Olahraga Hockey dappat dilakukang di lapangan terbuka, Indoor dan di latar berupa es. Olahraga ini juga identik dengan namanya yakni Hoki yang berarti keberuntungan.

Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang menggunakan raket dan bola shuttlecock sebagai alat utama permainannya. Sama halnya dengan Tenis, permainan ini dapat dimainkan secara 1v1 atau single atau 2v2 yakni ganda. Raket yang digunakan pada permainan badminton jauh lebih kecil dan ringan ketimbang tenis. Olahraga ini merupakan salah satu yang paling konsisten menyumbangkan medali di berbagai kejuaraan atau olimpiade.

Indonesia memiliki atlet-atlet terbaik Badminton yang sudah menjuarai berbagai kompetisi elit sejak era 80an. Kini Badminton bukan hanya olahraga yang sering dimainkan di negara-negara Asia, namun di negara lain seperti di Eropa dan Amerika Serikat juga semakin berkembang.

Sepak Takraw

Sepak takraw adalah olahraga yang memiliki perpaduan antara sepakbola dan bola voli, olahraga ini sangat unik karena memadukan banyak olahraga lain menjadi satu. Untuk lapangan yang digunakan, takraw akan lebih mirip seperti lapangan bulu tangkis ketimbang bola voli itu sendiri.

Inti permainan dari sepak takraw yakni mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dari bola yang disepak ke arah lapangan lawan. Olahraga ini hanya tidak memperkenankan tangan ambil bagian, namun anggota tubuh lain masih diperbolehkan.

Softball

Softball adalah salah satu cabang olahraga yang memiliki kemiripan dengan Baseball. Permainan ini diciptakan di Amerika Serikat oleh George Hancok pada 1887. Softball merupakan pengembangan dari Baseball, karena permainan ini merupakan versi yang lebih lembutnya. Untuk para pemain yang bertanding memiliki kemiripan yakni ada pelempar yang disebut pitcher, batter, dan tongkat pemukul atau bat.

Olahraga ini sangat populer di Amerika Serikat dan merupakan salah satu olahraga paling digemari disana. Softball dan Baseball menjadi simbol USA dan tiap tahunnya selalu menarik perhatian jutaan penonton di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *