5 Cara Memilih Nama Bayi Laki-Laki Islami Terbaik Sesuai Sunnah

5 Cara Memilih Nama Bayi Laki-Laki Islami Sesuai Sunnah
5 Cara Memilih Nama Bayi Laki-Laki Islami Sesuai Sunnah (pixabay)

Seberapa Pentingnya memilih Nama Bayi Laki-Laki Islami dan maknanya?. Memiliki buah hati adalah dambaan bagi setiap orang tua yang kehadirannya sudah tentu ditunggu didunia ini. Segala sesuatunya pasti sudah dipersiapkan Orang tua untuk menyambut sang buah hati contohnya dari persiapan kebutuhan sandang pangan, biaya melahirkan, aqiqah, syukuran dan masih banyak lainnya.

Satu hal persiapan yang sangat penting yaitu memberi Nama Bayi harus diberikan. Dalam memberi Nama Bayi tentulah tidak sembarang, karena Nama anak mengandung doa dan kita sebagai orang tua tentulah berharap kelak sang anak menjadi anak memiliki akhlak yang baik, kehidupan yang sejahtera,sehat.

Bacaan Lainnya

Tentunya harapan itulah adalah Doa dimana salah satunya lewat nama anak. Ayah dan ibu pastinya sudah menyiapkan Nama Bayi dengan makna yang baik, apalagi dizaman sekarang banyak tersedia referensi tidak hanya Nama Bayi laki-Laki Islami.

Untuk Nama Bayi perempuan Islami-pun lengkap beserta maknanya mudah didapatkan melalui media digital dan buku. Jangan beri Nama Bayi dengan arti yang buruk walaupun itu unik. Menjadi kewajiban orang tua memberi Nama Anak yang baik sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta’Ala.

“Wahai Zakaria! kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki laki namanya Yahya, yang belum kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya” (QS Maryam :7)

Dalam agama Islam memberikan nama anak dianjuatkan dan disesuaikan dengan tuntunan Sunah Rosulullah SAW agar nantinya memiliki masa depan yang baik.

Baca Juga: 7 Keunikan Rumah Adat Aceh yang Wajib Diketahui

Berikut 5 Nama Bayi Laki-Laki Islami Sesuai Sunnah Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

1. Perhatikan Waktu yang tepat saat memberi Nama Bayi

Waktu yang sangat baik saat memberi nama bayi ada 3 yaitu pada saat lahir, hari ketiga dan hari ke tujuh setelah kelahiran. Mengutip sebuah hadist Abu Musa , Riwayat Imam bukhori mengatakan :

“Anak laki-lakiku lahir, kemudian aku membawanya kepada Nabi SAW.dan beliau lalu memberinya nama Ibrahim (anak tertua Abu Musa), beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma dan mendoakannya dengan keberkahan, setelah itu menyerahkannya kepadaku.” (HR. Bukhari)

Arti dari Hadist tersebut adalah para sahabat Rosulullah SAW dengan segera memberikan nama pada anak anak mereka setelah lahir.

2. Hindari menggunakan Nama Bayi yang dibenci Allah Subhanahu Wa Ta’Ala

Hal yang harus diingat dan diperhatikan adalah jangan menggunakan Nama anak yang dibenci Allah SWT seperti Nama Para Dewa, Berhala, Matahari dan nama yang memuja sesuatu selain Allah SWT. Disamping itu juga jangan menggunakan Nama Anak yang bisa membuat perselisihan diantar saudara bahkan bisa berpotensi menjadi bahan olokan, hukum seperti ini dalam islam adalah makruh.

3. Nama Bayi Laki-Laki Islami dengan Nama Nabi/Rosul

Seperti yang telah kita ketahui bahwa memberi Nama anak yang baik adalah doa dan harapan. Ayah dan ibu boleh menggunakan Nama anak yang terinpirasi dari Namah Nabi dan Rosul yang diharapkan mengikuti jejak dan kepribadian baik mereka. Diindonesia sendiri penggunaan Nama nabi Muhammad, ibrahim, Musa dan Ismail sudah tidak asing atau umum digunakan.

Baca Juga: Wisata Aceh: Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi

4. Menjadi Hak Ayah dalam memberikan Nama Anak

Seorang kepala keluarga atau ayah mempunyai tanggung jawab besar dalam memberikan nama yang baik untuk anak.Berdasarkan hadist Rosulullah SAW , beliau berkata :

“Anak-anak memiliki tiga hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah mereka diberi nama baik. Yang kedua, mereka diberikan pendidikan yang baik; dan yang terakhir, mereka membantu mereka memilih pasangan yang baik,” (Ibnu Najjar)

Disini ayah berperan penting dalam memilih Nama Anak yang baik dan bagus.

5. Jangan memberi Nama Anak dengan arti yang buruk

Dalam memilih dan memberikan Nama Anak haruslah diperhatikan makna dan tujuan dalam pandangan islam. Jangan menggunakan nama dan arti yang buruk yang akan membawa dampak atau pengaruh dikehidupannya nanti.
Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian.”

Dengan pemilihan Nama Bayi Laki-Laki Islami dengan makna yang baik semoga apa yang para Orang tua harapkan terwujud, untuk menjadi Anak yang berakhlak Islami sesuai dengan Sunah Rosululullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Selanjutnya, Ayah bunda bisa kunjungi Artikel Kesehatan untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan untuk keluarga tercinta.

Semoga artikel ini bermanfaat ya ayah bunda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *