Jarak Lari Marathon: Peraturan Dan Sejarah Marathon

Jarak Lari Marathon
Jarak Lari Marathon

Berapa Jarak Lari Marathon yang diakui Dunia?. Lomba lari jalanan menjadi nomor atletik yang bagus, baik tingkat nasional maupun internasional. Bersamaan dengan banyaknya didukung lomba lari jalanan di berbagai Negara dengan gengsinya masing-masing. Memiliki daya tarik sendiri berupa hadiah uang tunai, tentunya semakin banyak yang memikat atlet untuk mengikuti lomba.

Perlombaan lari marathon merupakan lomba lari yang dilakukan di jalan raya dengan menempuh jarak yang sangat jauh. Jarak lari marathon sendiri bisa mencapai 42,195 km, bahkan untuk profesional dapat ditempuh hanya dengan jarak 2 jam.

Bacaan Lainnya

Mengenal Olah Raga Lari Marathon

Pengertian Lari Marathon

Untuk definisi lari marathon yang berasal dari kata marathon. Marathon ialah ajang lari jarak jauh yang selenggarakan di jalan raya (onroad) maupun luar jalan raya (offroad) atau di alam terbuka. Dimana peserta lari tersebut diikuti oleh banyak orang bahkan sampai ribuan orang.

Pengertian lari marathon menurut para ahli diantaranya, sebagai berikut:

 

Cambridge Dictionary

Lari marathon merupakan perlombaan lari kurang lebih 26 mil (42, 195 km)

Collins Dictionary

Pengertian dari lari marathon ialah perlombaan saat orang berlari dengan jarak 26 mil (42 km)

 

Sejarah Lari Marathon

Lari marathon sendiri memilikki sejarah yang kelam, yang berkisah seorang legendaris dari Yunani. Marathon pertama terjadi ketika Pheidippides berlari dari daerah Marathon (Yunani) menuju ke Athena pada tahun 490 SM. Orang tersebut berlari sekitar 25 mil untuk menyiarkan kekalahan orang Persia kepada masyarakat Athena.

Dia menyampaikan pesan, dan kemudian meninggal tepat sesaat itu juga. Peristiwa ini sebenarnya dimulai beberapa hari sebelumnya. Ketika masyarakat Persia tiba di Marathon, Pheidippides diutus menuju Sparta untuk meminta bantuan. Orang tersebut berlari sekitar 150 mil dalam waktu dua hari. Kemudian dia berlari lagi 25 mil dari medan perang menuju Athena, kemungkinan besar mengenakan baju besi yang berat. Hal ini bisa menjelaskan penyebab kematiannya.

Setiap bulan September sebuah Spartathlon diselenggarakan di Yunani untuk memperingati perjalanan Pheidippides. Marathon jarak sangat jauh ini mencakup jarak 246 KM (hampir 153 mil) dari Athena menuju ke Sparta, dengan tenggat waktu 36 jam. Terlepas dari permulaannya yang tragis, marathon tetap hidup, dan perlombaan perdananya berlangsung pada Pertandingan Olimpiade 1896 di Athena.

Teknik Lari Marathon

Adapun jenis teknik lari marathon yang harus anda ketahui, sebelum memulai mencoba berlari marathon:

Teknik Start

Dalam berlari, pastinya anda tidak boleh asal langsung lari begitu saja, karena untuk memulainya ada teknik yang dinamakan teknik awalan atau disebut teknik teknik start. Ini perlu untuk diketahui dan dipelajari serta dilatih agar dalam pertandingan dapat melakukannya dengan benar.

Teknik Berlari

Teknik ini berkaitan dengan postur-postur tubuh yang benar bagi seorang pelari saat sedang berlari. Dimana anda tidak hanya berlari saja, tapi ritme tubuh juga diperhatikan, walaupun terlihat sepele tapi bisa mencederai diri.

Teknik Pernapasan

Kemudian teknik yang satu ini tidak kalah penting dalam jarak lari marathon, karena lari marathon juga mengutamakan teknik pernapasan metode pernapasan yang benar membuat stamina terjaga lebih lama. Otot seorang atlet memerlukan oksigen, terutama apabila sedang berlari dengan kapasitas tinggi, sehingga anda harus bisa melakukan pengaturan. Pernapasan harus baik agar tenaga bisa lebih efisien dan kebutuhan oksigen untuk otot dapat terpenuhi.

Teknik Finish

Teknik finish atau teknik akhiran merupakan momen saat pelari memasuki garis finish, dalam lari marathon, kecepatan yang tinggi bukanlah penentu teknik yang tepat untuk meraih garis finish. Namun para pelari dianjurkan untuk membusungkan dada dikala memasuki garis finish. ketika dada akan menyentuh pita, turunkan dada sesegera mungkin. Hanya saja, anda jangan pernah sekali-kali meraih garis finish dengan tangan sendiri sebab ini termasuk pelanggaran.

Peraturan Lomba lari marathon

Jalur Perlombaan

Alam Terbuka

Lintasan yang dilalui sudah diberi garis atau pembatas, serta petunjuk bagi pelari untuk mengetahui area mana yang boleh dilewati. Jarak lari marathon dalam bentuk oval atau lingkaran dan tidak lebih dari 2.200 meter

Jalan Raya

Jarak lintasan dibagi menjadi 2 yang terdiri dari kelas pertama dan kedua. Kelas pertama berjarak Antara 15 km, 20 km, 21, 100 km (setengah jark marathon). Kelasa kedua yakni 25 km, 30 km, 42,195 km.

Syarat Usia Peserta

  • Pemula, 13-14 tahun
  • Kelas Junior III, 15-18 tahun
  • Junior II, 17-18 tahun
  • Junior I, dibawah 20 tahun
  • Veteran Puteri, diatas 35 tahun
  • Veteran Putera, 40 tahun

Ketentuan Jarak Lomba

  • 4 KM diperuntukan atlet putri junior
  • 8 KM diperuntukan atlet putra junior
  • 6 KM diperuntukan atlet putri dewasa
  • 12 KM diperuntukan atlet putera dewasa

Ketentuan Pemenang

  • Peserta perorangan, catatn waktu terendah akan dinobatkan sebagai pemenang.

Peserta beregu, hitungan waktu akan dijumlahkan dari tim yang memilikki skopr paling tinggi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *