Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji Agar Ibadah Lebih Nyaman

Cara Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji
Cara Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Haji

Menjalankan ibadah haji untuk umat muslim adalah impian. Perjalanan ke tanah suci ini pasti membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya yang paling penting adalah menjaga kondisi kesehatan selama perjalanan dan selama menjalankan ibadah. Ikuti yuk cara menjaga kesehatan saat ibadah haji berikut dengan cara yang mudah.

5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Haji

1. Rutin menjalankan olahraga

Waktu yang diperlukan untuk ibadah haji memang cukup lama. Sehingga tak hanya penting untuk mempersiapkan barang barang yang dibawa, namun juga penting untuk  mempersiapkan kesehatan tubuh selama masa ibadah. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan rutin menjalankan olahraga.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Rekomendasi 7 Buah Penambah Imun Saat Terkena Covid-19

Hal ini bisa anda lakukan secara rutin sebagai persiapan sebelum berangkat. Kebiasaan kecil ini akan membuat tubuh anda tetap bugar. Jangan lupa juga untuk membawa obat obatan khusus bila memang anda mempunyai penyakit bawaan. Atau anda juga bisa mempersiapkan obat obat sederhana lain seperti obat anti diare, obat anti mual-muntah, obat sakit kepala, dll.

2. Bawa air minum secukupnya

Cara menjaga kesehatan saat ibadah haji lainnya adalah dengan cara membawa minum secukupnya. Cuaca di tanah suci akan cenderung panas. Sehingga orang yang berkunjung akan cenderung cepat merasa haus. Sehingga untuk mencegah dehidrasi, anda bisa membawa bekal air minum sendiri secukupnya.

Paling tidak anda bisa membawa air minum sekitar 3 hingga 4 liter selama perjalanan. Tak hanya itu, anda juga bisa dengan rutin memeriksakan warna urin anda kepada dokter atau petugas kesehatan yang disediakan. Hal ini akan bisa menjadi cara yang baik untuk mencegah anda mengalami dehidrasi.

3. Menjaga pola makan

Pola makan yang teratur juga bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan. Terlebih bila anda ingin bepergian jauh dengan waktu yang lama. Melewatkan jam makan dengan pola makan yang tidak beraturan malah akan membuat kesehatan anda cepat terganggu. Selain rutin makan, anda juga perku memperhatikan kualitas makanan yang dimakan.

Disarankan untuk anda banyak mengkonsumsi buah buahan dan aneka sayuran. Saat melakukan ibadah haji, jadwal makan biasanya akan dibagikan langsung oleh pihak penyelenggara haji. Sehingga anda tidak boleh melewatkan jam makan ynag sudah ditentukan sebagai cara menjaga kesehatan saat ibadah haji.

4. Perhatikan waktu istirahat

Selain menjaga pola makan, memperhatikan waktu istirahat juga tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan. Begitu juga saat anda melaksanakan ibadah haji. Gunakan waktu yang tepat untuk istirahat. Selain itu, dirasankan untuk mengurangi kegiatan yang tidak berkaitan dengan ibadah haji.

Sehingga energi anda akan tersimpan dengan baik dan akan digunakan untuk kepentingan ibadah saja. Waktu istirahat saat pelaksanaan ibadah haji akan sudah diatur oleh pihak travel perjalanan. Anda bisa juga mengkonsultasikan kesehatan anda kepada petugas kesehatan yang ada disana sebagai tindakan pencegahan bila badan sudah terasa lelah.

5. Hindari aktifitas selain ibadah secara berlebihan

Cara menjaga kesehatan saat ibadah haji lainnya adalah dengan menghindari aktifitas diluar ibagah haji yang terlalu berlebihan. Beberapa aktifitas seperti jalan jalan atau belanja mungkin memang menyenangkan. Namun untuk menjaga kesehatan anda selama ibadah haji, kegiatan ini tidak dilakukan berlebihan.

Itulah beberapa hal tentang ibadah haji yang penting untuk anda ketahui. Tak hanya mempersiapkan barang yang harus dibawa namun kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga. Masa ibadah haji yang cukup lama tentu akan membuat anda wajib menjaga kesehatan agar ibadah berjalan maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *