5 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas, Yuk Coba!

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas
Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Bagaimana Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas?. Salah satu penyebab kerusakan paling sering di smartphone adalah sering mengalami overheating. Overheating bisa disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya kondisi baterai yang aus, charger tidak mendukung, sinyal buruk, sampai penggunaan ponsel yang terlalu berlebihan. Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas biasanya yaitu jangan sampai android mudah naik suhunya. Sebab jika kondisinya mudah naik, perangkat akan rentan mengalami kerusakan dan sulit diperbaiki kembali. Maka dari itu mencegah lebih baik dari memperbaiki.

Mencegah agar android tidak panas bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Misalnya dengan konsisten menggunakan charger original dibandingkan charger non-ori. Meskipun mahal, perangkat tersebut akan membuat baterai lebih awet. Budget pun lebih terpangkas jika smartphone lebih awet. Jika akan dijual pun harganya tidak terlalu turun karena kondisinya masih bagus. Nah, berikut beberapa tips agar smartphone android tidak cepat panas dan rusak.

Bacaan Lainnya

5 Tips Agar Smartphone Tidak Cepat Panas dan Rusak

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Gunakan Charger Original

Charger mampu mempengaruhi bagaimana kondisi suhu baterai. Jika chargernya original, aliran daya yang masuk ke ponsel akan sesuai kebutuhannya sehingga suhu perangkat lebih stabil. Namun jika non-ori, perangkat akan memperoleh aliran daya yang tidak sesuai kebutuhan. Selain mudah panas, baterai pun cepat aus jika kerap melakukan hal tersebut. Pastikan selalu cas ponsel dengan charger ori bawaan pabrik.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Untuk Konverter Video Ke MP3 Terbaik

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Dengan Rajin Bersihkan Smartphone

Debu yang menempel pada smartphoe bisa menyebabkan overheating. Sebab debu mampu menutupi lubang pada perangkat ponsel. Alhasil suhu ponsel akan lebih panas. Meskipun sepele, pastikan anda rajin membersihkan smartphone dari debu. Anda bisa menggunakan cotton buds untuk membersihkan debu di lubang charger atau lubang earphone. Bersihkan secara perlahan dan teratur agar perangkat tidak tertutup debu lebih tebal lagi.

Berikan waktu istirahat untuk ponsel

Smartphone juga bisa dikatakan sebagai alat elektronik dan mesin. Jenis perangkat tersebut memerlukan waktu istirahat agar komponen di dalamnya tidak cepat aus. Jangan terlalu lama streaming, bermain game, atau menggunakan ponsel terus menerus. Selain akan membuatnya cepat panas, komponen di dalamnya juga akan bekerja lebih keras dan smartphone pun lebih mudah rusak. Anda bisa mematikan ponsel sejenak atau menon-aktifkannya selama proses pengisian baterai.

Matikan koneksi dan tutup aplikasi yang tidak digunakan

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas selanjutnya yakni atur kapan koneksi internet menyala dan mati. Jika kondisi sinyal sedang tidak mendukung, sebaiknya matikan koneksi internetnya terlebih dulu. Tujuannya agar ponsel tidak bekerja terlalu keras mencari sinyal sehingga suhu perangkat naik dan baterai lebih cepat habis. Koneksi lain seperti bluetooth, Wifi, hingga GPS jika tidak digunakan juga sebaiknya di-nonaktifkan. Tutup juga aplikasi yang tidak digunakan. Anda bisa menekan opsi Recent Apps dan tutup aplikasi yang diinginkan.

Jangan sering menyimpan hp di tempat tertutup

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas berikutnya yaitu, jangan terlalu sering menyimpan hp di tempat tertutup. Misalnya terlalu lama di saku celana jeans, tas, atau di area yang tidak memiliki udara segar. Sebab menyimpan di tempat tertutup terlalu lama akan membuat ponsel cepat panas karena pengaruh udara disekitar. Potensi kerusakan smartphone juga cukup besar jika kerap melakukan hal tersebut. Jika setelah bepergian, keluarkan ponsel dari tas dan letakan di meja agar perangkat mampu mengakses udara dan menstabilkan suhunya.

Itu dia beberapa tips mencegah smartphone cepat panas dan rusak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *