Permainan Bola Basket: Materi, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar

permainan bola basket

Permainan bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara beregu dan terdiri dari dua tim yang beranggotakan masing-masing 5 orang. Tujuan utama dari permainan bola basket ini adalah memasukan bola sebanyak-banyaknya pada ring atau keranjang basket lawan. Untuk memainkan permainan ini, tiap tim perlu untuk mematuhi setiap aturan yang berlaku yakni terkait teknik menggiring, mengumpan, menembak bola hingga teknik defense dan offense dalam olahraga ini.

permainan bola basket

Basket merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di banyak negara di dunia seperti Amerika Serikat, Kanada hingga Indonesia. Olahraga ini dimainkan di jenis lapangan sintetis yang memiliki ukuran sedang, serta cocok untuk dimainkan didalam ruangan atau indoor. Basket juga salah satu cabang olahraga yang selalu dimainkan di sekolah-sekolah di tingkatan SD, SMP, SMA, bahkan di Perguruan Tinggi. Olahraga ini juga dipercaya mampu memaksimalkan pertumbuhantinggi badan seseorang karena gerakan yang dihasilkan membantu otot dan tulang untuk tumbuh lebih baik.

Sejarah Permainan Bola Basket

Permainan bola basket ditemukan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891 di Kanada. Permainan ini diciptakan dengan cara yang tidak sengaja oleh guru olahraga tersebut. Awalnya dia berfikir untuk membuat suatu permanan di ruang tertutup untuk mengisi waktu bagi siswa yang berada pada masa liburan di kota New England. Terinspirasi dari sebuah permainan yang pernah dia mainkan saat kecil, maka pada 15 Desember 1891 terciptalah permainan bola basket yang kita kenal sampai sekarang.

Pertandingan bola basket pertama sendiri diselenggarakan di tempat kerjanya Dr James Naismith pada 20 Januari 1892. Awal mula penyebutan basket diucapkan oleh murid dari Dr James, dan hingga saat itu olahraga ini menjadi sangat digemari di Amerika Serikat. Bola basket bahkan menjadi olahraga unggulan yang popularitasnya mengungguli semua olahraga lain di Amerika Serikat. Hingga saat sekarang ini NBA masih menjadi kompetisi dengan level permainan tertinggi yang menciptakan pemain-pemain terbaik dari generasi ke generasi.

Lapangan, Waktu dan Jumlah Pemain Bola Basket

Lapangan bola basket memiliki ukuran persegi panjang dengan satuan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk kompetisi NBA. Sementara untuk kompetisi internasional dibawah FIBA panjangnya 26 meter dan lebar 14 meter. Di lapangan basket terdapat satu garis lingkaran penuh di tengah, serta dua garis setengah lingkaran di masing-masing sisi dengan titik pusatnya adalah ring basket. 

Bola basket menggunakan waktu permainan yang berbeda-beda, tergantung federasi atau kompetisi yang menerapkannya. Berdasarkan standar NBA, permainan ini berjalan dalam 4 babak yakni 4×12 menit. Sedangkan FIBA menggunakan standar 4×10 menit. Waktu bertanding dalam permainan ini juga bersifat waktu mati, artinya hanya saat bola sedang dimainkan saja waktu tersebut dihitung. Sementara saat terjadi foul atau istirahat tak dihitung waktunya.

Jumlah pemain basket yang bertanding adalah 5 pemain untuk setiap tim, dimana setiap pemain memiliki posisi yang berbeda-beda tergantung peran yang dimainkannya. Ada tiga besar peran dalam bola basket yakni Guard, Forward, dan Center. Ketiganya memiliki karakteristik yang saling melengkapi untuk terciptanya tim yang kuat.

Bola basket memiliki keliling lingkaran 75-78 cm dengan berat 600-650 gram. Ukuran ini berbeda-beda tergantung pada kompetisi dan siapa yang memainkannya (wanita atau pria). 

Peraturan Permainan Bola Basket

Permainan ini memiliki aturan dasar yang perlu untuk ditaati agar permainan dapat tercipta. Beberapa peraturan yang ditetapkan diantaranya:

  1. Bola dilemparkan ke segala arah menggunakan satu atau dua tangan, boleh dipukul namun tidak boleh menggunakan kepala tangan (meninju)
  2. Pemain boleh berlari sambil mendribble bola, namun ada aturan untuk batasan langkah. Jika melanggar aturan tersebut maka bola berpindah ke pihak lawan (travel)
  3. Bola hanya boleh dipegang menggunakan tangan, anggota tubuh lain tidak diperbolehkan
  4. Dalam aturan foul, tiap pemain hanya diperbolehkan melakukan pelanggaran maksimal 5 kali. Jika terdapat pelanggaran ke-6 maka pemain tersebut otomatis dikeluarkan dari pertandingan
  5. Foul dapat menghasilkan freethrow, namun jumlahnya tergantung pada jenis pelanggaran yang didapatkan
  6. Wasit berhak mengeluarkan pemain dengan pelanggaran berat seperti protes berlebihan atau berkelahi
  7. Permainan dimainkan dalam 4 quarter yakni 12 menit per quarter (total 48 menit)
  8. Tim yang memasukkan bola paling banyak hingga detik terakhir ditetapkan sebagai pemenang pertandingan

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Permainan bola basket memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain yang bertanding dilapangan agar pertandingan berjalan sesuai dengan ketentuan.

Teknik Menggiring Bola (Dribble)

Teknik ini populer disebut sebagai dribble atau handling bola, yakni memegang bola dengan tangan yang benar disertai dengan gerakan kaki untuk mengelabui pemain lawan yang menjaganya. Dribble sendiri memiliki banyak variasi gerakan yang bisa disesuaikan dengan skill yang dimiliki oleh setiap pemain. Umumnya pemain yang harus memiliki kefasihan dalam teknik ini adalah pemain dengan posisi Point Guard. Untuk pemain di posisi lain, tak ada ketentuan wajib untuk menjadi sangat expert dalam hal ball handling.

Teknik Mengumpan Bola (Passing)

Teknik mengumpan adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh semua pemain, hal ini karena teknik ini sangat penting untuk dilakukan dengan cermat dan hati-hati karena jika salah mengumpan maka akan menjadi keuntungan lawan. Beberapa jenis passing diantaranya adalah Overhead Pass, Bounce Pass, Baseball Pass, Hook Pass, dan Under Pass.

Teknik Pivot

Yakni gerakan yang bertumpu pada satu kaki yang sering dimainkan oleh pemain untuk mendapatkan ruang tembak ataupun ruang dribble untuk keluar dari penjagaan lawan. Teknik ini harus dilakukan dengan tepat untuk menghindari travel atau turnover karena terkena antisipasi defender lawan.

Teknik Menembak Bola (Shooting)

Teknik ini sangat penting dan menjadi tumpuan tim untuk mendapatkan angka dari tiap possesion. Menembak bola harus dilakukan dengan benar agar bola tersebut masuk kedalam ring atau jaring basket. Secara umum, shooting terbagi menjadi dua yakni 3-point shoot yang harus dilakukan dari luar area parimeter serta 2-point shoot yang berada didalam lingkaran. Teknik menembak ini disesuaikan dengan skill sang pemain, serta kemampuan untuk memadukan gerakan dasar yang lainnya 

Teknik Rebound 

Rebound sangat penting untuk mempertahankan atau mencuri possesion dari tim lawan. Rebound hanya akan terjadi jika lawan gagal melakukan tembakan atau hanya mengenai ring basket saja tanpa masuk kedalam jaringnya. Serta rebound ini sendiri terbagi menjadi dua yakni Offensive Rebound yakni mendapatkan rebound dari wilayah lawan dan Defensive Rebound yang merupakan rebound wilayah sendiri. Gerakan dari rebound harus benar-benar dikuasai dengan benar seperti kuda-kuda kaki yang kuat serta positioning yang tepat.

Istilah dalam Permainan Bola Basket

Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa istilah menarik yang mungkin kita sering abaikan. Istilah tersebut diantaranya

  • Jumpshoot: Yakni shooting yang dilakukan dengan cara meloncat tinggi untuk mendapatkan posisi ideal atau look shoot yang bagus
  • Crossover: Adalah teknik tinggi dari dribble untuk melewati lawan dengan trick tertentu
  • Eurostep: Adalah gerakan zig zag yang dilakukan dalam langkah besar untuk mendapatkan ruang tembak dari kerumunan pemain lawan
  • Lay up: Adalah teknik menembak bola dengan mendorongnya keatas menggunakan tangan bagian dalam
  • Slam Dunk: Adalah teknik memasukan bola dengan tangan berada diatas ring basket secara langsung
  • Foul Out: Yakni hukuman untuk pemain yang dikeluarkan dari pertandingan karena terlalu banyak melakukan foul
  • Midrange: Adalah jumpshot yang dilakukan diarea mid, atau di parimeter area
  • Fade Away: Adalah gerakan jumpshot dengan melayangkan badan ke arah belakang untuk menciptakan ruang tembak
BACA JUGA  Jumlah Pemain Basket Tugas Posisi dan Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *