Macam Macam Peraturan Bulu Tangkis Beserta Penjelasannya

peraturan bulutangkis

Permainan bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga yang paling sering dipertandingkan di kejuaraan nasional di Indonesia. Olahraga ini sangat populer di tanah air karena negara kita merupakan salah satu penghasil talenta-talenta berkualitas dari permainan ini. Olahraga ini dipertandingkan di semua event olahraga nasional dan internasional, serta masuk kedalam satu dari sekian banyak permainan bola kecil yang paling populer di dunia.

peraturan bulutangkis

Permainan bulutangkis membutuhkan shuttlecock dan raket sebagai alat utama untuk memainkan permainan ini. Serta lapangan dan net yang memiliki standar yang baik. Olahraga ini juga memiliki peraturan tersendiri yang umumnya berlaku di semua level kejuaraan baik junior maupun profesional.

Organisasi utama yang mengatur permainan ini adalah Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sedangkan untuk level internasional dibawahi oleh BWF. Peraturan bulutangkis dibedakan atas beberapa kategori utama, yakni:

Peraturan Penilaian

  • Skor yang digunakan untuk setiap pemain berhak memenangkan set atau ronde adalah 21 poin dengan minimal jarak dengan musuh adalah 2 poin. Jadi ketika poin akhir masih berjarak satu poin, pertandingan akan terus dilaksanakan sampai ada salah satu pemain yang unggul 2 poin atau 30 poin maksimum dalam satu set.
  • Sedangkan untuk set nya, permainan ini terdiri atas 2 set. Namun bisa bertambah menjadi 3 set apabila pemain lawan mampu menyamakan kedudukan di set kedua. Set ketiga adalah penentuan untuk melihat siapa pemenangnya, jika pertandingan draw/rubber. Sementara untuk pemain yang mampu mengalahkan lawannya dalam 2 set langsung, maka dia akan menjadi pemenangnya

Peraturan Pertandingan Tunggal

Pada permainan tunggal atau single, pola servis harus diperhatikan dengan benar oleh setiap pemain. Karena BWF memiliki standar bakunya.

  • Servis yang dilakukan oleh pemain yang memiliki angka genap adalah di sebelah kanan dengan pemain lawan akan menerima servis dari sebelah kiri
  • Kedua pemain yang bertanding masing-masing akan mengubah posisi berdiri setelah perubahan angka. Posisi berdiri yang dimaksud adalah posisi saat servis dan menerima bola.
BACA JUGA  Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF - Sejarah dan Daftar Pemenang

Peraturan Pertandingan Ganda

Berbeda dengan pertandingan pada pertandingan tunggal, nomor ganda memiliki peraturan yang sedikit berbeda. Beberapa peraturan tersebut yakni:

  • Pertandingan diawali dengan servis yang didahului oleh penentuan siapa yang akan mengambil servis pertama kali. Biasanya diundi dengan koin atau bisa juga menggunakan sistem tuan rumah. Pemain yang mengambil servis harus mengirimkan bola pada posisi pemain yang berlawanan dan harus melebihi garis pertama di net.
  • Servis pertama didahulukan menggunakan servis pada bidang kanan lapangan. Berbeda pada peraturan pada nomor tunggal dimana servis ditentukan oleh angka

Peraturan Servis Bulutangkis

Servis adalah pukulan pertama untuk menandai mulainya pertandingan. Juga untuk menandai pukulan saat bola mati yang dilakukan oleh pihak yang mendapatkan angka. Servis sangat penting untuk dilakukan dengan benar agar pukulan dapat mendarat mulus ke area lawan. Beberapa peraturan servis dalam bulutangkis yang perlu diperhatikan diantaranya:

  • Tinggi daun raket harus tepat berada dibawah pegangan raket dan shuttlecock harus berada dibawah pinggang
  • Kaki boleh bergeser tapi tidak lepas dari lantai lapangan ketika melakukan servis
  • Ayunan raket hanya bisa dilakukan dalam satu rangkaian
  • Penerima servis hanya boleh bergerak setelah servis dilakukan, atau saat shuttlecock sudah dipukul

Itulah beberapa peraturan bulutangkis yang bisa anda pelajari saat ingin memainkan olahraga ini. Adapun banyak peraturan lainnya yang akan kami bahas pada artikel-artikel selanjutnya mengenai bulutangkis. Pastikan anda terus memantau Olahfisik.id karena website ini adalah sumber informasi terlengkap seputar dunia olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *